LOS ANGELES - John Kundla, pelatih klub Lakers di masa awal NBA meninggal dunia pada usia 101, Minggu (23/07/2017).

Kundla melatih Lakers saat masih bermarkas di Minneapolis, meraih gelar juara NBA pada 1949-1954, sebelum klub ini pindah serta besar di Los Angeles.

" Atas nama organisasi Lakers, kami ingin mengemukakan rasa dukacita atas kepergian John Kundla, " kata ketua serta salah satu pemilik Lakers, Jeanie Buss dalam sebuah pernyataan.

" John berperan penting pada sejarah organisasi Lakers. Bukan saja karena ia masuk sebagai pelatih Hall of Fame, ia juga adalah pelatih kepala pertama serta memimpin kami menjadi juara NBA lima kali. "

Kundla baru berusia 31 tahun saat memimpin Lakers pada 1948. Ia mengambil keputusan berani untuk merekrut center George Mikan yang membawa Lakers menjadi juara antara 1949-1954.

Duet Kundla-Mikan adalah pionir dari perpaduan antara pelatih serta pemain bintang yang senantiasa membawa Lakers menjadi juara dengan para bintang seperti Wilt Chamberlain, Jerry West, Magic Johnson, Kareem Abdul-Jabbar hingga Shaq O'Neal serta Kobe Bryant.

Kundla masuk Hall of Fame pada 1995. Setahun kemudian, pada pesta 50 tahun NBA, Kundla masuk dalam 10 pelatih liga terbaik sepanjang sejarah.

Kundla mundur dari Lakers pada 1959, setahun sebelum Lakers pindah ke Los Angeles. Ia kemudian berkarir menjadi pelatih di University of Minnesota.