BREAKINGNEWS.CO.ID -  Perlombaan lari maraton akan membuka perburuan medali emas cabang olahraga atletik Asian Games 2018 yang mulai berlangsung pada hari ketujuh even ini. Pelari nomor marathon asal Jepang Inoue Hiroto menjadi peraih medali pertama cabang ini, setelah mencatat waktu terbaik  waktu 2 jam 18 menit 22 detik dalam lomba sejauh 42 km yang dilaksanakan Sabtu (25/4/2018) pagi.

Pada posisi kedua ada pelari asal Bahrain, Ellabbassi Elhassan. Sosok berusia 34 tahun tersebut sebetulnya mampu bersaing ketat dengan Inoue menjelang garis finis, tetapi akhirnya harus puas berada di belakang Inoue. Di posisi tiga ada pelari China, Duo Bujie, dengan torehan waktu 2 jam 18 menit 48 detik.

Atletik merupakan cabang olahraga yang paling banyak menyediakan medali emas pada Asian Games 2018 yakni 48 keping dan perlombaan berlangsung selama enam hari mulai 25 hingga 30 Agustus mendatang.

Pada hari pertama, ada empat nomor final yang dilombakan masing-masing maraton putra, lontar martil putra, tolak peluru putra, lari 10.000 meter putri.

Selain atletik, cabang olahraga yang baru mulai dipertandingkan dan langsung memperebutkan medali emas adalah karate (4 emas) dan kano/kayak sprint (2 emas).

Total ada 26 medali emas yang berasal dari 11 cabang olahraga diperebutkan pada pertandingan hari keenam Asian Games 2018, meliputi atletik, karate, kano/kayak, menembak, boling, jetski, jujitsu, angkat besi, sepak takraw, tenis, dan balap sepeda BMX.