JAKARTA - PayPal telah tersedia sebagai opsi pembayaran di Google Pay, namun PayPal mengumumkan rencananya untuk memperdalam kerja sama dengan Google dan memperluas layanan pembayarannya ke aplikasi lain. Selain opsi untuk melakukan pembayaran via PayPal di toko online dan dalam aplikasi dengan Google Pay dan pada situs mobile Chrome, pengalaman pembayaran lebih mulus juga akan tersedia di seluruh aplikasi pada ekosistem Google.

Pengguna di wilayah Amerika Serikat yang menambahkan PayPal ke salah satu layanan Google akan dapat melakukan pembayaran di ekosistem Google, di lokasi yang menawarkan PayPal sebagai metode pembayaran.

Hal ini dimungkinkan karena saat pengguna menambahkan PayPal ke akun Google Play, Google akan secara otomatis mengaktifkan akun PayPal terkait.

Kemudian Google akan menjadikan PayPal secara otomatis sebagai pembayaran di seluruh layanan Google, termasuk Gmail, YouTube, Google Pay dan Google Store.

Selain itu, PayPal akan tersedia sebagai opsi pembayaran yang dimanfaatkan Google untuk menawarkan pembayaran peer-to-peer, tanpa perlu masuk kembali.

Seluruh pembaruan ini akan diluncurkan terlebih dahulu di wilayah Amerika Serikat dan akan tersedia kepada seluruh pengguna PayPal di negara tersebut pada akhir pekan ini. Sebelumnya, Google mengumumkan update untuk Google Photos, berbekal kemampuan menandai foto sebagai favorit.

Update yang digulirkan Google untuk Gboard berbekal dukungan 16 bahasa baru, serta kemampuan yang memungkinkan pengguna menciptakan GIF menggunakan kamera ponsel. Sedangkan pengguna versi beta aplikasi Gboard akan mendapati perubahan pada keyboard US English, dengan tambahan spasi otomatis setelah tanda baca.