PEKANBARU - Pasca terjadinya ledakan bom di sejumlah gereja di Surabaya, Kepolisian Daerah (Polda) Riau pun turut meningkatkan pengamanan guna antisipasi di sejumlah gereja dan pusat perbelanjaan. "Kami menerima perintah dari Kapolda untuk melaksanakan pengamanan secara maksimal, terutama di tempat ibadah seperti gereja dan pusat keramaian masyarakat," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau AKBP Sunarto, Minggu (13/5/2018).

Untuk itu, Polda Riau pun melibatkan personel Brigade mobil bersenjata lengkap dilibatkan dalam pengamanan di sekitar gereja. Para personel tersebut juga diminta untuk terus berkoordinasi dengan petugas keamanan internal. "Kami lakukan sterilisasi barang bawaan, kemudian tempat parkir, serta meningkatkan kewaspadaan bagi orang tidak dikenal," tuturnya.

Adapun, metode yang sama juga diterapkan di pusat perbelanjaan. Sunarto mengatakan jika personel yang dilibatkan tersebut juga diminta untuk fokus lakukan penjagaan di Markas Komando masing-masing, mulai dari Mapolda Riau, Mapolres hingga Mapolsek. "Kemudian kami juga meminta masing-masing personel meningkatkan penjagaan diri dengan menggunakan body protector serta selalu siaga," ujarnya.