BREAKINGNEWS.CO.ID-Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mulai bisa menghirup udara bebas setelah dua tahun lamanya bermalam di rutan Mako Brimob-Kelapa Dua. Pasalnya hari Kamis 24 Januari 2019 masa tahanan Ahok telah berakhir dan dipersilahkan meninggalkan rutan.
 
Setelah dinyatakan bebas, rencananya Ahok tidak langsung kembali berkecimpung dengan dunia politik melainkan akan menjadi narasumber dalam seminar-seminar. Rencana itu dapat dukungan dari kerabat dekatnya yakni Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi. 
 
"Bicara dengan beliau katanya mau diundang seminar sana, seminar sini dan mudah-mudahan ya dia sudah menjalankan hukumannya. Kita menghargai,” ujar Prasetio di Jakarta, Kamis (24/1/2019).  
 
Dukungan itu disampaikan langsung pada Ahok saat dirinya menyambangi rutan Mako Brimob pada Sabtu (12/1/2019) lalu atau sebelas hari yang lalu. Tidak hanya soal kegiatan tapi keduanya juga membahas rencana pernikahan Ahok yang katanya akan dilangsungkan setelah mengakhiri masa tahanan itu.
 
"Ya kalau saya sama dia ada joke-joke, ketawa. Dia bilang udah selesein lah. Gw dua tahun di dalam penjara ya gw udah menyelesaikan. Adapun gw merasa juga gak bersalah karena saya dituduhkan menista agama, tapi saya gak bersalah," ungkap Pras. 
 
"Ya tahun ini akan menikah. (Tanggalnya) Tanya kepada pak Ahok sendiri lah. Itu jawaban dari pak Ahok," sambungnya. 
 
Untuk diketahui, mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok tengah terlibat kasus penistaan agama. Hal itu dilakukan ketika ia datang ke Pulau Pramuka di Kepulauan Seribu dalam rangka sosialisasi menjelang Pilkada serentak 2017 lalu.
 
Dalam sosialisasi itu, Ahok berkata bahwa masyarakat jangan mau dibohongi dan dibodohi oleh surat al-maidah ayat 51 dalam memilih pemimpin. Akibat ucapannya, masyarakat tidak terima hingga pada akhirnya menuntut Presiden Joko Widodo dan Polri menetapkan Ahok sebagai tersangka.
 
Akibat kesalahannya Ahok divonis hukuman dua tahun penjara atas kasus dugaan penodaan agama itu dan langsung dilakukan penahanan sejak vonis dibacakan pada 9 Mei 2017. Ahok kini ditahan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.