JAKARTA - Ajang penghargaan bergengsi film dan televisi Amerika ke-75, Golden Globe Awards 2018 telah terlaksana. Setiap nominasi telah memiliki pemenangnya, bahkan diantaranya berhasil memborong beberapa penghargaan sekaligus.

Namun ada satu yang menarik saat acara yang diselenggarakan di Beverly Hilton, Minggu (7/1) malam waktu Los Angeles itu. Para bintang yang hadir menggunakan pakaian didominasi warna hitam, serta menyematkan pin Time's Up, yang dirancang oleh desainer kostum Arianne Phillips. Aksi ini merupakan wujud dukungan para selebriti terhadap aksi Time's Up, yang didukung oleh lebih dari 300 aktris Hollywood.

Tak hanya itu, pembawa acara juga sempat sedikit menyinggung soal kasus pelecehan seksual Hollywood tersebut. Hollywood sedang diguncang skandal kekerasan seksual yang menyeret sejumlah tokoh tenar. Beberapa tokoh ternama industry film Amerika, seperti produser film Harvey Weinstein, dituduh telah melakukan seksual terhadap sejumlah aktris.

"Selamat Tahun Baru Hollywood! Ini 2018. Ganja akhirnya dibolehkan dan pelecehan seksual akhirnya tidak terjadi," kata pembawa acara Golden Globe Awards 2018 Seth Meyers dalam sambutannya, disambut dengan tepuk tangan meriah dari penonton.

Ajang Golden Globe Awards 2018 adalah penghargaan pertama dari acara penghargaan utama menjelang penghargaan Academy Awards ke-90 atau penghargaan Oskar 2018 yang akan diselenggarakan pada 4 Maret 2018, di Dolby Theatre, Hollywood, Los Angeles, California.

Seperti yang diketahui beberapa tuduhan terhadap aktor, pembuat film dan agen Hollywood sejak Oktober 2017 telah menyebabkan banyak orang yang mendapatkan hukuman seperti dipecat, dipaksa untuk turun dari jabatan, atau dikeluarkan dari proyek kreatif.

Di lain sisi komedi keluarga ibu dan anak Lady Bird dinobatkan sebagai film komedi terbaik dan bintang film Independen A24, Saoirse Ronan, merebut penghargaan untuk aktris komedi terbaik.

Fox Searchlight dan perusahaan induknya, Twentieth Century Fox, menjadi pemenang besar dalam pembuatan film studio, dengan film mereka meraih tujuh penghargaan. Studio film independen A24 mendapatkan tiga penghargaan. Pasalnya, pembawa acara sedikit menyinggung soal kasus pelecehan seksual Hollywood.