BREAKINGNEWS.CO.ID- Direktur eksekutif Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai, kesuksesan Asian Games sangat mempengaruhi citra Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diketahui penutupan olahraga akbar se-Asia itu digelar pada Minggu (2/9/2018) malam. 
 
"Kalau kita jujur tentu sedikit banyaknya mempengaruhi citra Jokowi," ujar Pangi kepada BreakingNews.co.id, Senin (3/9/2018). 
 
Namun apakah bisa menaikan elektabilitas Jokowi terhadap Pilpres 2019, kata Pangi harus diuji melalui survei yang jelas dan terukur. "Kalau soal apakah suksesnya penyelenggaraan Asian Games menaikkan elektabilitas atas tidak, tentu pelu diuji, harus punya indikator yang jelas dan terukur tidak bisa menilai berdasarkan asumsi dan persepsi," katanya. 
 
Dikatakan Pangi, secara politik yang jelas suksesnya penyelenggaran Asian Games memperkuat citra pemerintah di mata negara Asia. Paling tidak kata Pangi, sintemen masyarakat terhadap pemerintahan Jokowi positif. 
 
"Apakah secara politik bisa mempengaruhi terhadap elektabilitas Jokowi 2019, jawabannya sederhana, paling tidak bisa memompa dan meningkatkan animo trus publik terhadap presiden Jokowo. Kalau soal bisa mempengaruhi elektabilitas tentu harus diuji via survei opini publik," tegasnya. 
 
Diketahui, Presiden Jokowi diusung oleh Partai Golkar, PDIP, Hanura, PPP dan PKB dalam Pilpres 2019. Hingga saat ini, Partai koalisi ini tidak belum menentukan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) untuk memenangkan Jokowi-Maaruf Amin.