JAKARTA - Politikus senior PAN Amien Rais dilaporkan ke polisi oleh Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi terkait ucapan 'partai setan' dan 'partai Allah'. PAN tidak tutup kemungkinan bakal balik melaporkan Aulia apabila terbukti ada upaya pencemaran nama baik.

"Masalah dilaporkan balik atau tidak, PAN sedang mengkaji. Mengkaji bagaimana yang terbaik. Karena ini mencemarkan nama baik PAN juga," ujar Waketum PAN Taufik Kurniawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/4/2018). Alasannya upaya pelaporan itu, disebut Taufik, bakal menyakiti hati umat Islam di Indonesia. Ia mengharapkan laporan soal 'partai setan' dan 'partai Allah' yang diucapkan Amien itu disampaikan dengan objektif.

Sebab, menurut dia, apa yang diungkapkan Amien itu hanya sebatas khotbah di masjid. Karenanya, sebut Taufik, tidak perlu ada hal yang dibesar-besarkan. "Kalau pada titik tertentu men-dispute, mencampuradukkan pada fakta sebenarnya, ya pasti tidak PAN saja yang marah, seluruh umat di Indonesia pasti tersinggung," kata Taufik. "Sama kita juga punya peluru juga, kalau mau bermain politik mau perang-perangan, ya ayo. Tapi ini konteksnya konteks berkhotbah, pahami ya," imbuhnya.

Sebelumnya, Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi melaporkan Amien ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan LP/2070/IV/2018/PMJ/Ditreskrimsus. Dia melaporkan Amien dengan tuduhan tindakan pidana ujaran kebencian SARA serta penodaan agama lewat media sosial. Seperti pasal 28 ayat 2, UU ITE, dan atau pasal 156 a KUHP.