BREAKINGNEWS.CO.ID – Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan dukungannya kepada Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Namun dalam dukungan itu Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyatakan dukungan tanpa syarat. Hal itu ia tegaskan  saat perayaan HUT ke-21 PAN di kolong Tol Pejagalan, Jl Jembatan Tiga Raya, Pluit Jakarta Utara, Jumat (23/8/2019).

"Jadi kita mendukung-mendukung saja, tidak pakai syarat. Kita dukung saja agar Pak Jokowi pemerintahannya sukses, apalagi menghadapi persoalan-persoalan berat seperti sekarang ini," ujar Zulkifli.

Zulkifli juga menjelaskan soal pernyataan Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais yang menyebut partainya tak ikut kabinet pemerintahan Jokowi. Zulklifi menilai kekuatan koalisi pemerintahan Jokowi kali ini sudah kuat. "Tadi saya sampaikan ke Pak Amien, 'Pak, ini orang-orang PAN banyak yang sampaikan oposisi'. Saya bilang 'di sana sudah, sudah jelas mereka memang sudah kuat, sudah cukup'," kata Zulkifli.

Meski mendukung pemerintahan Zulkifli memandang tak perlu lagi bagi PAN ikut dalam kabinet Jokowi. Selain itu Zulkifli menegaskan PAN tidak pernah meminta jatah menteri kepada Jokowi. Meski demikian, PAN siap mendukung apapun kebijakan pemerintah Jokowi.

"Jadi tidak ada kami minta menteri, minta ini, tidak ada sama sekali. Jadi kita dukung agar pemerintah sukses, kebijakan-kebijakannya untuk Papua kita akan dukung," ujar Ketua MPR ini.

Pernyataan Zulkifli ini juga membuat Amien Rais lega, setelah tahu partainya tak ikut ke dalam di kabinet pemerintah Jokowi. Amien mengatakan kabar itu sangat melegakan.  PAN kini siap mengawasi kinerja pemerintahan Jokowi dari luar.

"Tadi saya dibisiki oleh Pak Ketua Umum bahwa nanti PAN tidak ikut dalam kabinet yang akan datang," kata Amien Rais di peringatan HUT PAN ke-21 di Kolong Tol Pejagalan, Jl Jembatan Tiga Raya, Pluit, Jakarta Utara, Jumat (23/8).

"Jadi Insya Allah, kita di luar akan memberikan masukan kritik koreksi kalau keliru. Tapi juga dorongan support kalau jalannya sudah benar. Jadi ini sesuatu yang jelas dan cukup melegakan," ujar Amien.

PDIP Anggap PAN Tentatif

Sementara itu, PDIP menilai pernyataan Ketum PAN Zulkifli Hasan perihal dukungan untuk Presiden Jokowi tanpa syarat seperti kursi menteri sebagai pernyataan yang tentative. PDIP justru masih menunggu sikap PAN secara resmi.

"Ya sebetulnya itu masih pernyataan yang tentatif ya karena kita juga harus menunggu pernyataan resmi di acara atau di forum resmi dari PAN," ujar Sekretaris Bidang Pendidikan dan Pelatihan DPP PDIP Eva Kusuma Sundari.

Politisi PDIP, Eva Kusuma Sundari. 

Eva tidak yakin kalau Zulkifli rela mendukung Jokowi meski tidak mendapat kursi menteri. Hal ini karena PAN sangat kritis ke Jokowi saat mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2019.

"Saya paham kalau Pak Zul tidak mengharap di kabinet karena memang sejak pilpres ditetapkan beliau ada di kubu sebelah, dan selama pilpres juga kan sikapnya paling kritis, terutama Pak Amien Rais. Jadi sebaiknya kita tunggu saja pernyataan resmi organisasi di forum yang resmi juga oleh PAN," ucapnya.

Eva juga mengapresiasi pernyataan Zulhas tersebut. Menurutnya sikap tersebut diperlukan untuk mendorong terciptanya persatuan dan kesatuan usai pilpres 2019.  “Tapi pernyataan Pak Zul sangat membuat sejuk di tengah suasana yang menurut saya butuh dorongan-dorongan untuk rekonsiliasi terutama di masyarakat bawah," katanya.

Kini, PAN belum menyatakan sikap resmi setelah Prabowo Subianto kalah. Namun Zulkifli menekankan siap mendukung Jokowi dan berharap Presiden menyejahterakan rakyat.

"Ya dukung saja. Karena harus sukses. Partai politik itu maunya rakyatnya sejahtera. Yang penting presiden menyejahterakan rakyat kita dukung," ucap Zulkifli Hasan saat berada di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu (17/8/2019).