JAKARTA – Di hadapan para delegasi 96 negara dalam perhelatan Bali Democracy Forum (BDF) ke-10 di kawasan Serpong, Kamis (7/12/2017). Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi menjelaskan kalau demokrasi saat ini tengah menghadapi tantangan yang cukup besar.

Dalam sambutannya, Retno memaparkan tema BDF kali ini adalah "Does Democracy Deliver?". Menurut dia tema itu sangatlah berkaitan dengan situasi dunia sekarang ini. "Tema ini cocok saat demokrasi dewasa ini menghadapi tantangan serta pertanyaan yang lebih besar terhadap keefektifannya," ucap Retno.

Retno melanjutkan, ada hal yang sedikit berbeda dengan pelaksaan BDF kali ini. Menurut dia, untuk pertama kalinya sejak mulai BDF digelar tahun 2008, akan ada sebuah panel diskusi yang akan melibatkan seluruh menteri yang hadir.

"Untuk pertama kalinya semua menteri yang hadir akan secara aktif berpartisipasi dalam dua diskusi panel. Sebuah debat umum juga akan dilakukan untuk mengeksplorasi cara-cara guna memastikan terlaksananya demokrasi," katanya.

"Untuk pertama kalinya juga kami menyelenggarakan konferensi mahasiswa demokrasi Bali pertama dengan tema 'Dari Kampus untuk Demokrasi', yang dihadiri oleh 150 siswa dari berbagai latar belakang dan kebangsaan. Generasi muda memegang kunci masa depan dan takdir demokrasi kita," paparnya.

Jumlah peserta BDF tahun ini jauh lebih banyak dari pada tahun sebelumnya. Kali ini, BDF dihadiri oleh 103 delegasi dari 96 negara, tujuh organisasi internasional, 13 menteri, serta 11 Wakil menteri dari berbagai negara.