BREAKINGNEWS.CO.ID-Kejuaraan Pacuan Kuda Tingkat Nasional Sultan Hamengku Buwono X Cup 2019 diselenggarakan Sabtu dan Minggu 16 dan 17 November 2019, di Lapangan Sultan Agung, Bantul, DIY.

Ada yang berbeda dari salah satu event pacuan kuda bergengsi ini. Yakni, bahwa kali ini formatnya berbeda dengan tahun-tahun  sebelumnya.
Jika biasanya hanya dilaksanakan cuma sehari, namun tahun 2019 ini digelar selama dua hari.

Selain Pacuan Kuda, pada hari Sabtu (16/11) juga diadakan Pameran Andong & lomba Ketangkasan Andong yang ditarik satu kuda dan yang ditarik dua kuda.

Sedangkan untuk menyambut kedangan para tamu dan undangan termasuk Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI Purn Marciano Norman dan Ketua Umum PP Pordasi HM Chaidir Saddak MBA, maka Sri Sultan Hamengku Buwono X pada malam Minggu (Sabtu malam) secara resmi menyambut peserta dalam Gala Dinner di Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

Bagaiman persaingannya? So pasti, seru, seperti biasanya. Simak analisis dari Noviardi Sikumbang, Sekretaris Komisi Pacuan PP Pordasi yang juga advisor kejuaraan ini.

Pada pacuan kelas utama Calon Derby jarak 1.400 meter akan saling bersaing ketat kuda kuda asal Jabar (Luxotica, Armagedon, Chimpago 88, Tansa Trisna, Nismara dan Avictoria Kartika milik King Halim Stable, Winoto Stable & Aragon Stable) dengan kuda kuda asal NTT ( Super Star / Pararaja Stable) dan kuda kuda Jateng ( Caroline Eclipse & Mahabbah / milik Eclipse Stable dan Tombo Ati Stable) juga kuda kuda Jatim ( Idola Agis & Mr. Joss II milik Perintis Stable & Cahaya Bulan Stable ).

Pada kelas utama perebutan Piala Bergilir Sri Sultan Hamengku Buwono X akan terjadi pertarungan sengit akan saling berhadapan kuda Red Silenos / Jabar / Aragon Stable dengan kuda Gagak Lumayung / Jateng / Tombo Ati Stable, Laureta Eclipse / Jateng / Eclipse Stable, Grand Mayyora / Jatim / Mayyora Stable, Putra Manado / DIY / Bullion Stable, Badai Asmara / Jatim / Menembus Batas Stable, Sautara / DIY / Pikatan Stable dan Vaux's Legend / Jateng / Janendra Stable.