BREAKINGNEWS.CO.ID - Pemain muda Persebaya Surabaya, Osvaldo Haay akhirnya menghadiri pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22 di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Jumat (11/1/2019). Sebelumnya, pemain 21 tahun itu sempat mangkir tiga kali latihan lantaran menghadiri acara tunangan kakaknya. Pemanggilan Osvaldo di Timnas Indonesia U-22 kali ini menjadi harapan baginya untuk memperbaiki kekuranganya setelah terlempar dari skuat Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di pentas Asian Games 2018.

Osvaldo pun sadar dirinya harus berjuang untuk bisa menembus skuat Garuda Muda untuk Piala AFF U-22. "Semua pemain punya kualitas, jadi harus selalu bisa untuk menjadi lebih baik," ucao Osvaldo ketika ditemui selepas latihan.

Pada hari pertama bagi Osvaldo ini, ia harus menjalani latihan terpisah dengan 33 rekan lainya. Ia bersama Firza Andika yang juga telat wajib mengejar ketertinggalan dari pemain lain. "Itu bagus, jadi semua merata. Kami diminta untuk meningkatkan, dan saya pikir itu adil untuk semua pemain," bebernya.

Osvaldo Haay di skuat U-22 sejatinya merupakan salah satu pemain yang memiliki pengalaman.Ia menjadi satu di antara andalan Timnas Indonesia U-22 di panggung SEA Games 2017. Namun, setahun berselang dirinya gagal masuk dalam skuat asuhan Luis Milla yang berlaga di pentas Asian Games 2018. Pada Piala AFF 2018, Osvaldo tak dipakai Bima Sakti. Kini, Osvaldo Haay memiliki ruang pembuktian karena masuk dalam 38 pemain yang dipanggil Indra Sjafri.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri mengakui dirinya dan tim pelatih enggan langsung memberi penilaian kepada Valdo mau pun Firza. Rencananya memang akan ada pencoretan pemain, Sabtu (12/1) besok."Dia dan Firza saya anggap mulai pengamatan minggu kedua. Sekarang sedikit conditioning, mulai Senin (14/1) baru pengamatan untuk Firza dan Osvaldo, serta pemain baru," ucap Indra.

Di sisi lain, Timnas U-22 akan menjadi tim yang paling sibuk tahun ini, karena mereka bakal mengikuti Piala AFF U-22 yang dihelat di Kamboja, SEA Games di Filipina, serta Kualifikasi Piala Asia U-23 2020, di Vietnam.