BREAKINGNEWS.CO.ID-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jaya menyelenggarakan kegiatan orientasi ke 3/2019. Ini merupakan kegiatan orientasi untuk keanggotaan PWI Jaya ketiga tahun 2019.

Sebanyak 40 wartawan dari berbagai media massa, baik itu cetak maupun online mengikuti kegiatan orientasi yang berlangsung di sekretariat PWI Jaya, Gedung Prasada Sasana Karya Lt 9, Jalan Suryo Pranoto No. 8, Jakarta, Kamis (21/11/2019).

Kegiatan Orientasi wartwan PWI Jaya ini, dibuka oleh Sekertaris PWI Jaya, Kesit B Handoyo. Dalam kesempatan itu Kesit menyampaikan bahwa di era digital ini wartawan dituntut kemampuannya dalam mengaplikasikan tehnologi yang semakin cangih untuk menjalankan tugas jurnalistik.

“Kita bukan saja belajar sampai di sini, setelah orientasi ini, pastinya para wartawan harus mengikuti Uji Kopetensi Wartawan (UKW). Tentunya bagaimana kita mengaplikasikan kegiatan yang biasa kita lakukan setiap hari di dalam UKW tersebut,” papar Kesit.

Materi orientasi ini adalah Peraturan Dasar (PD), Peraturan Rumah Tangga (PRT) PWI, yang disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jaya Irmanto. Kemudian, UU Pers 40 tahun 1999 tentang Pers, Kode Etik Jurnalistik, Pedoman Pemberitaan Media Siber serta Peraturan Dewan Pers tentang Pedoman Pemberitaan Ramah Anak (PPRA) yang disampaikan oleh Sekretaris I PWI Jaya Iqbal Irsyad.

Terakhir, tentang penulisan berita, yang disampaikan oleh Ketua Seksi Kesejahteraan PWI Jaya, Ari Julianta Trijaka.