BREAKINGNEWS.CO.ID – Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Mohamad Wahid Supriyadi, optimis kalau Presiden Rusia, Vladimir Putin akan berkunjung ke Indonesia pada tahun 2019 ini. Kabar kunjungan presiden Negeri Beruang Merah itu terdengar sejak 2017 silam kala kunjungan Menteri Luar Negeri Rusia datang ke Indonesia.

Akan tetapi, hingga saat ini Putin belum juga berkunjung ke Tanah Air. Pada Mei 2018 lalu, kedatangan sang presiden terhalang saat Rusia tengah melangsungkan pemilihan umum yang kembali dimenangkan oleh Putin. Menanggapi hal ini, Dubes Wahid optimis kalau Putin akan berkunjung ke Indonesia tahun ini.

“Saya optimis Putin akan ke Indonesia tahun ini. Kedatangannya hanya tinggal menunggu waktu saja,” ujar Dubes Wahid di Ruang Palapa Kementerian Luar Negeri Jakarta, Kamis (28/2/2019). Saat ditanya apa ada kendala dalam proses kunjungan, ia kembali menegaskan bahwa tidak ada kendala. Hanya masalah waktu saja.

Dubes Wahid juga menegaskan apabila kunjungan ini terlaksana maka akan ada banyak penandatangan kerja sama yang dilakukan oleh Rusia dan Indonesia. "Pertemuan itu sendiri akan berfokus dan membahas masalah Strategy Partnership. Adanya kerja sama Bilateral pada tingkat tinggi," jelasnya. "Rusia juga akan melakukan kerja sama dalam peningkatan ekonomi dan perdagangan. Rusia juga akan turut membawa pengusahanya ke Indonesia."

Simplifikasi Visa

Hal lain yang turut akan dibahas adalah upaya kunjungan turis dari kedua negara. Masalah simplifikasi visa juga akan dibahas. Sehingga masyarakat yang akan berkunjung lebih dipermudah. "Dengan adanya simplifikasi visa, pihak kedutaan juga akan dipermudah dan tidak lagi mengalami kesulitan," jelas Dubes Wahid.

"Rusia juga selalu meningkatkan kuota beasiswa bagi mahasiswa Indonesia. Dan tahun ini mereka ingin meningkatkan lagi. Jadi masalah visa ini sangat penting." "Apalagi dengan adanya Festival Indonesia Moskow akan sangat memengaruhi kunjungan wisatawan ke Tanah Air."