BREAKINGNEWS.CO.ID - OKKY Youth Soccer Team yang merupakan hasil seleksi dari Indonesia Junior Soccer League (IJSL) berhasil mempertahankan gelar juara Singa Cup (Singapore International Youth Cup) 2019 untuk kedua kalinya dan tampil sebagai satu–satunya team dari Indonesia yang menjadi juara di Singa Cup setelah berhasil menundukkan team Johor Darul Ta’zim (Malaysia) di babak final dengan skor 3:1.

Bahkan, salah satu penggawa Okky Youth, yakni Fawaz Fauzan, mampu menyabet gelar Most Valuable Player (MVP) pada turnamen tersebut. Fawaz pun mendapatkan kesempatan untuk mengikuti latihan di akademi Sporting CP di Lisbon, Portugal.

Selama turnamen Singa Cup 2019, yang berlangsung dari 4-7 November ini, Okky Youth tergabung ke dalam Grup A. Di sana mereka mencatatkan penampilan gemilang, tanpa kebobolan satu kali pun.

Pencapaian Okky Youth di turnamen Singa Cup 2019 ini mendapatkan apresiasi dan ucapan selamat dari pelatih Timnas Indonesia U-23, Indra Sjafri. Coach Indra Sjafri dalam pernyataan resminya menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada OKKY atas dukungan dan komitmennya untuk mengembangkan kualitas dan talenta sepakbola usia muda di Indonesia.

"Selamat dan terima kasih pada Okky yang sudah mensponsori turnamen usia dini di Indonesia. Indra berpesan agar OKKY tetap konsisten serta OYSL diharapkan dapat dikembangkan untuk menjangkau lebih banyak daerah di Indonesia pada tahun-tahun mendatang," ucap Coach Indra lewat pesan videonya.

Tidak hanya itu, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI, lewat Alman Hudri selaku asisten deputi (Asdep) bidang olahraga dan pendidikan, juga menyampaikan apresiasinya untuk pencapaian tim Okky Youth.

"Kemenpora mengapresiasi atas semua partisipasi. Jujur kita harus kolaborasi antara Okky dan Kemenpora. Kita akan padukan dengan harapan kita punya materi-materi bagus dan tidak terkontaminasi dengan berbagai hal yg membuat anak2 kita melenceng dari tujuan awal," ucap Alman.

"Dari sekian banyak pembinaan usia dini di sepak bola, kita selalu berhasil dan ketika memasuki usia dewasa kita malah hancur. Maka dari itu kami sepakat untuk membuat koridor khusus agar pemain-pemain ini tidak terkontaminasi citra dan gayanya. Nanti akan ada pembinaan-pembinaan lainnya," tambahnya.

Sebelumnya Dede Sulaiman, Legenda Timnas sekaligus “Scout Talent“ Okky Youth Soccer Team sudah memprediksikan bahwa keenam belas pemain yang berlaga di Singa Cup ini merupakan anak-anak terbaik yang telah berkompetisi di IJSL dan akan mampu mempertahankan gelar juara.

Martinus Rezal, Head of Marketing PT. Suntory Garuda Beverage sangat mengapresiasi pencapaian Okky Youth Soccer Team pada Singa Cup 2019. Terlebih karena anak-anak yang bergabung dengan Okky Youth Soccer Team mampu tampil dengan fun, ceria dan menjunjung tinggi nilai sportifitas. Martinus menambahkan pelaksanaan Okky Youth Soccer League yang telah memasuki tahun ketiga dengan dukungan dari IJSL ini menunjukkan komitmen PT Suntory Garuda Beverage untuk terus terlibat dalam pembinaan pesepakbola usia dini khususnya dan perkembangan dunia sepak bola Indonesia umumnya.

Okky mengambil peran nyata dalam menindaklanjuti Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional dengan pembinaan sepakbola usia dini telah menjadi concern yang utama. Kontribusi positif melalui OKKY Youth Soccer League ini diharapkan mampu menjadikan anak Indonesia “Bukan hanya menjadi anak yang handal, pintar dan berkarakter baik saja namun terus tumbuh dalam suasana riang dan gembira” sehingga nantinya kedepan diharapkan Okky menjadi penyumbang pemain terbanyak untuk tim nasional Indonesia. Dukungan yang senantiasa diberikan oleh Kemenpora memperkuat komitmen PT. Suntory Garuda Beverage untuk terus melakukan program dan aksi nyata bagi perkembangan sepakbola Indonesia.