BREAKINGNEWS.CO.ID - Sebagai destinasi wisata, Danau Toba memang memiliki keunggulan yang tiada bandingnya. Tak heran bila berbagai kegiatan pun dilakukan untuk mempromosikan destinasi super prioritas ini. Salah satunya melalui North Sumatra Travel Mart III yang diadakan di Pulau Samosir, Sumatra Utara. Acara yang berlangsung Kamis (6/12/2018,) kemaren diharapkan mampu menembus transaksi hingga Rp 5 miliar melalui kegiatan Table Top.

Di Table Top inilah digelar Business Meeting Seller meet Buyer secara bebas atau free table. Buyer akan langsung mendatangi setiap meja seller, dan akan diberikan waktu 10 menit untuk bertransaksi di setiap table seller.

Wakil Bupati Pulau Samosir, Juang Sinaga membuka kegiatan yang sudah 3 kali dihelat ini. Ada sebanyak 60 seller lokal yang akan menawarkan paket-paket nya kepada buyer.

Juang Sinaga mengaku bangga dan mengucapkan terima kasih kepada semua pegiat pariwisata, buyer dan seller yang hadir di Pulau Samosir.  "Pertemuan kali ini adalah kebanggaan bagi seluruh Indonesia. Bahwa Danau Toba, Samosir, adalah aset yang mendatangkan devisa untuk negara. Maka  atas dukungan semua yang hadir hari ini  kami ucapkan terimakasih dan sukses untuk kita semua," kata Juang.

Sementara itu Ketua Panitia sekaligus Ketua DPD ASPPI Kepri, Irwandi Azhar, dalam wawancara nya mengatakan, kegiatan ini adalah dalam rangka mempertemukan antara buyer dan seller dari pelaku industri pariwisata. "Sebanyak 60 Seller lokal Sumatra di Table Top ini nantinya akan melakukan Business Meeting dengan para Buyer yang kita datangkan dari berbagai daerah dan negara terutamanya seperti Malaysia, Thailand dan Singapore," kata Irwandi.

"Yang kita jual ini konsen ke destinasi wisata Sumatera, seperti tahun sebelumnya kita konsentrasi pengenalan beberapa objek wisata di Sumatera sesuai dengan label North Sumatra Travel Mart. Tahun ini kita tetap mengadakan di pulau Samosir untuk Table Top, karena selain untuk memperkenalkan wisata yang ada di pulau Samosir juga untuk menyemangati kebangkitan pariwisata Samosir kembali," ujar Irwandi.

Menurutnya Danau Toba adalah salah satu destinasi yang Prioritas dalam great ten sesuai arahan dari Kemenpar. "Hari ini kita menargetkan 4 sampai 5 Miliar transaksi dalam Table Top kali ini karena kita tahu menjelang pic season ini banyak permintaan dari para buyer dengan adanya ajang travel mart ini," ujarnya.

Di tempat terpisah Menteri Pariwisata Arief Yahya sangat mendukung kegiatan untuk menjual destinasi wisata Sumatera, khusunya Danau Toba ke wisatawan. “Danau Toba itu destinasi yang kaya dan lengkap. Alamnya sangat luar biasa. Belum lagi balutan budayanya yang sangat indah. Dan reputasi ini sudah mendunia. Makanya destinasi ini ditetapkan sebagai destinasi prioritas. Karena diharapkan bisa mendatangkan banyak wisatawan,” papar Menpar.

Sementara itu Menurut Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Regional I Kementerian Pariwisata, Masruroh, sebagai destinasi prioritas, Danau Toba harus terus dipromosikan. “Promosi ini sudah kita lakukan dalam beberapa kegiatan sales mission di sejumlah daerah. Sales mission sudah kita gelar di Surabaya, Yogyakarta, Jakarta, dan Bandung,” terang Masruroh.

"Kini kita harapkan di akhir tahun ini kunjungan wisatawan ke Danau Toba bisa melebihi tahun lalu," kata Masruroh.