JAKARTA - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo angkat bicara soal rupiah yang sekarang ini semakin rontok terhadap dolar Amerika Serikat (AS) Pria yang akrab disapa Bamsoet ini meminta Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati selekasnya mengambil tindakan. "Mengambil langkah-langkah konkret agar nilai rupiah bisa kembali di bawah Rp14 ribu dan tidak melampaui harga psikologis Rp14 ribu," katanya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (8/5/2018).

Bukan kali ini saja Bamsoet ngotot minta Bank Indonesia dan Kementerian Keuangan mempunyai langkah-langkah antisipatif untuk menjaga stabilitas rupiah supaya tetap normal.

Ketika rupiah dibawah Rp14 ribu atau persisnya Rp13.970, Bamsoet juga mewanti-wanti Kemkeu dan BI. Sekarang ini, berdasarkan situs resmi Bank Indonesia (BI), nilai jual rupiah terhadap dollar AS hari ini masih di angka Rp.14.106.

"Mengingat stabilitas nilai tukar menjadi suatu hal yang penting, terutama karena akan ada peningkatan konsumsi kebutuhan bahan pokok menjelang Ramadan," ujar Bamsoet.