BREAKINGNEWS.CO.ID - Jika kalian mencari tempat yang asyik untuk mengisi #PesonaMudik2019, Cianjur direkomendasikan. Banyak faktor yang membuat Cianjur layak dikunjungi. Tapi, alasan utamanya jelas kesejukan daerah serta keindahan destinasinya.

Menteri Pariwisata juga mengakui hal itu. Menurutnya, Cianjur sangat nyaman. Sangat tepat untuk dikunjungi dalam #PesonaMudik2019.

“Cianjur menawarkan kesejukan udaranya. Dan keindahan alamnya. Tempat yang sangat tepat untuk bersantai. Apalagi, jaraknya juga tidak terlalu jauh dari ibukota Jakarta,” tuturnya.

Jalur yang sangat direkomendasikan untuk mencapai Cianjur adalah melewati Puncak. Alasannya? Jalur itu sangat adem. Banyak destinasi. Banyak lokasi yang bisa disinggahi.

Tapi, Cianjur memiliki lebih banyak dari itu. Buat kalian, berikut 10 destinasi di Cianjur yang bisa dikunjungi.

1. Wisata Wachi

Destinasi ini termasuk baru di Cianjur. Baru hadir buat umum pada tahun 2018 lalu. Wachi sendiri adalah singkatan dari (Wisata Alam Celak Indah). Wachi dibangun untuk mengikuti trend wisata kekinian. Keunggulannya adalah menyajikan pemandangan alami dari ketinggian.

Untuk mengunjungi Wachi yang instagramable, kalian harus berkunjung ke Desa Pagermaneuh, Kecematan Tanggeung, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

2. Little Vanice Kota Bunga

Traveler mana yang tidak mengenal Kota Sungai Vanice alias Venezia. Tapi, tidak perlu jauh-jauh ke Italia untuk menikmatinya. Cukup berkunjung ke kawasan Kota Bunga di Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Konsep yang diterapkan di Kota Bunga memang menyerupai Venezia. Lengkap dengan danau dan kanal-kanal yang sangat instagramable, mirip gedung-gedung di Eropa. Kita juga bisa menyusuri kanal tersebut dengan cara mengendarai gondola, layaknya di Venezia.

3. Wisata Pokland

Salah satu destinasi wisata yang paling diburu di Cianjur adalah Pokland. Destinasi ini sempat hits di sosial media. Pokland berada di hutan pinus. Namun, Pokland disulap sebagai tempat untuk hunting foto. Yang akhirnya menjadi tempat wisata.

Lokasi-lokasi favorit di sana adalah spot love, payung tergantung, gardu pandang, hingga rumah terbalik. Kita juga bisa menyewa baju tradisional korea loh. Pokland berada di Desa Haurwangi, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur.

4. CMR GH Cianjur

Cianjur memiliki banyak destinasi alam. Salah satu yang sering diburu pacar pencari konten foto adalah CMR GH. Alias, Cimirung Gunung Hayam. CMR GH adalah salah satu objek wisata alam. Destinasi ini berada di atas ketinggian dengan backround perbukitan dan hamparan sawah di sekitarnya.

Di CMR GH kalian bisa mendapatkan spot sayap gagak, gardu pandang, spot love, bangku kursi, sangkar burung, hingga sayap kupu-kupu. Kalau penasaran, segara menuju Kampung Cibenteng, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur.

5. Pantai Jayanti

Inilah hebatnya Cianjur. Selain kaya dengan destinasi pegunungan, mereka juga punya wisata pantai. Salah satu yang paling terkenal adalah Pantai Jayanti, di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun.

Pantai di pesisir selatan Cianjur ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dengan ombak yang cukup besar. Meskipun berpasir hitam, pesona Pantai Jayanti tidak kalah eksotis dengan pantai lainnya di Cianjur.

6. Curug Citambur

Jawa Barat memiliki banyak curug, alias air terjun. Lokasi tersebar, termasuk ke Cianjur. Di sini, curug yang paling oke adalah Curug Citambur, di Desa Karang Jaya, Kecamatan Pasirkuda, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Curug Citambur memiliki keindahan alam memesona dengan ketinggian sekitar 100 meter. Debit airnya yang sangat deras. Bahkan, curug ini menimbulkan uap air yang tampak seperti kabut tipis.

7. Taman Bunga Nusantara

Salah satu taman bunga yang paling banyak dituju wisatawan adalah Taman Bunga Nusantara. Destinasi ini diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1995. Taman Bunga Nusantara bukan hanya favorit warga Cianjur. Warga Jabodetabek lainnya juga kerap berlibur ke sana.

Destinasi ini lokasinya sangat menjual. Sangat keren. Karena, dekat dengan Gunung Gede, Taman Bunga Nusantara. Taman Bunga Nusantara dikelilingi oleh alam indah dengan udara yang segar.

8. Telaga Biru

Telaga Biru berada di Desa Cimacan, Kabupaten Cianjur. Tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Baik pada hari biasa maupun saat liburan. Pesona Telaga Biru sangat luar biasa. Jika anda sedang berada di Kota Cianjur, tidak ada salahnya mengunjungi telaga yang memiliki air berwarna biru itu.

9. Sungai Cikundul

Suka dengan aktivitas menantang? Khususnya wisata arung jeram? Cianjur memiliki destinasi itu. Namanya Sungai Cikundul. Di sana, kalian bisa mengikuti arung jeram dibagi menjadi beberapa kriteria. Mulai dari yang biasa hingga yang cukup ekstrem.

Namun jangan khawatir. Sebab, kalian akan didampingi oleh pemandu profesional. Jadi ajak rekan-rekan kalian ke Desa Cijagang, Kecamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur.

10. Situs Megalitikum Gunung Padang

Situs Megalitikum Gunung Padang adalah tempat bersejarah. Destinasi ini sempat menarik perhatian. karena, konon usianya lebih tua dari Peradaban Mesir Kuno.

Situs ini merupakan bukti peradaban di zaman dulu dengan berbagai bentuk susunan batu unik dengan beragam carita misteri situs Gunung Padang. Di puncak Gunung Padang, kita bisa melihat panorama alam yang indah di sekitartnya. Gunung Padang ada di Karyamukti, Campaka, Kabupaten Cianjur.