JAKARTA - Riset pasar Euromonitor International baru saja merilis sebuah daftar destinasi kota wisata terpopuler di dunia yang paling banyak dikunjungi sepanjang tahun 2017.

Peringkat tersebut didasarkan pada kedatangan wisatawan internasional, setidaknya 24 jam, untuk jangka waktu kurang dari 12 bulan, dan untuk tujuan termasuk liburan dan bisnis.

Sedangkan untuk wisatawan dalam negeri, pengunjung hari yang sama, dan orang-orang yang transit (seperti penumpang kapal pesiar) tidak termasuk dalam peringkat.

Berikut ini, 10 destinasi dunia yang paling banyak dikunjungi sepanjang tahun 2017 yang dilansir dari This is Insider:

1. Hong Kong

Hong Kong.


Hong Kong berada di puncak daftar tahun ini, setelah didatangi sebanyak 25,7 juta pengunjung pada 2017. Kota berpenduduk padat ini menarik jutaan orang yang berkunjung untuk bekerja, atau bermain. Yang terakhir ini memanfaatkan banyak pusat perbelanjaan kota dan pasar seperti Temple Street Night Market.

2. Bangkok, Thailand

Bangkok, Thailand.



Tahun 2017, kota ini telah menarik 23,3 juta wisatawan untuk mengitari beberapa lokasi favorit seperti pasar apung, hingga lokasi berdoa bisa dinikmati selama berada di Bangkok.

3. London, Inggris

London, Inggris.


Berkat Brexit, mata uang London pun ikut anjlok. Ini berdampak pada wisatawan yang datang ke sana. Big Ben, Westminster Abbey, dan Tower Bridge hanyalah beberapa landmark kota yang paling terkenal. London telah menarik 19,8 juta pengunjung pada 2017.

4. Singapura

Singapore.


Tahun ini, Singapura berhasil menarik 17,6 juta wisatawan. Untuk atraksi di negara ini tak perlu dikhawatirkan. Anda bisa melakukan wisata kuliner, hingga mengunjungi Marina Bay Sand.

5. Macau

Macau Traveler.


Dijuluki sebagai "Las Vegas-nya Cina" berkat banyaknya kasino dan pusat perbelanjaan. Selama lebih dari 300 tahun, wilayah ini merupakan wilayah Portugis, karena itu wisatawan akan menyaksikan perpaduan budaya yang menarik di sini. Macau pun berhasil menarik sebanyak 16,3 juta pengunjung tahun ini.

6. Dubai, United Arab Emirates

Dubai, United Arab Emirates.



Bisa dibilang tidak ada tempat semewah Dubai. Kota ini merupakan rumah bagi bangunan tertinggi di dunia sebut saja Burj Khalifa dan Burj Al Arab, sebuah hotel berbentuk layar yang terletak di pulau buatan. Dubai pun telah berhasi menarik 16 juta pengunjung untuk tahun ini.

7. Paris, Prancis

Menara Eiddel, Paris, Prancis.


Sepanjang tahun 2017 kota romantis ini berhasil mendatangkan 14,3 juta wisatawan. Untuk urusan wisatanya, pun tak perlu diragukan. Cobalah untuk berjalan-jalanlah di sepanjang Seine, untuk menyaksikan pelukis jalanan di dekat Montmartre, atau piknik di bawah Menara Eiffel.

8. New York City, New York

New York City, New York.


Kota terbesar di Amerika yang terkenal dengan wisata kuliner, shopping hingga budaya seperti The Met, MOMA, dan Museum Sejarah Alam Amerika ini berhasil mendatangkan 13,1 juta wisatawan datang ke sana.

9. Shenzhen, China

 Shenzhen, China.


Selain menjadi pusat bisnis, kota ini menarik wisatawan untuk menjelajahi mal perbelanjaan dan taman hiburan yang mengesankan. Tahun ini, Shenzhen telah dikunjungi sebanyak 13 juta wisatawan.

10. Kuala Lumpur, Malaysia

Kuala Lumpur, Malaysia.


Tahun ini sudah ada 12,8 juta wisatawan yang datang ke Kuala Lumpur. Banyak yang bisa dilihat di Kuala Lumpur, mulai dari Menara Petronas yang ikonik, Chinatown hingga Thean Hou Temples.