BREAKINGNEWS.CO.ID – Presiden terpilih Pemilu 2019 Joko Widodo mulai menyeleksi bakal calon dan sosok yang akan menjadi menteri pada periode kedua pemerintahannya.  Sejumlah nama yang disodorkan untuk menjadi pembantunya pada Kabinet Kerja Jilid 2 masa bakti 2019-2024 nanti, mulai masuk ke meja kerjanya.

Hal tersebut dinyatakan sendiri oleh Jokowi saat berada di Solo mengisi hari libur akhir pekan bersama keluarga. "Pembentukan kabinet belum, tetapi sudah mulai masuk nama-nama calon itu, dan terus semakin banyak mengumpulkan pilihan-pilihan memilihnya akan menjadi semakin mudah," kata Jokowi di  Kabupaten, Sukoharjo, Jawa Tengah, Minggu (28/7/2019).

Jokowi mengatakan, seperti dikutip dari laman Antaranews.com,  dengan banyaknya nama calon  menteri  yang masuk, maka alternatifnya juga semakin banyak dan baik.

Dijelaskannya lagi,  kabinet kerja periode mendatang akan banyak warna, tenaga muda-muda. Hal itu dilakukan guna merespon secara cepat dan energik , perkembangan serta dinamika yang  ada saat ini.

 Menyinggung soal pembentukan Kabinet Kerja 2 apakah ada rencana perampingan, kata Jokowi, pihaknya belum sampai kesana.

Namun, menteri anak muda sudah pernah disampaikan berulang kali yang akan mewarnai di kabinetnya mendatang

Menurut dia, hal tersebut untuk menghadapi perkembangan dunia sangat dinamis, sehingga diperlukan energi yang ekstra untuk merespon permasalahan ke depan.

 

Jokowi yang pulang ke Solo pada liburan akhir pekan bersama keluarga, sebelumnya berkunjung ke Mal Paragon bersama cucunya Jan Ethes. Selain itu, Ibu Negara Iriana Jokowi bersama putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka, dan menantunya Selvi Ananda, pada Sabtu (27/7) malam.

Setelah liburan akhir pekan di Solo,  Jokowi dijadwalkan  kembali ke Jakarta, Minggu petang.