BREAKINGNEWS.CO.ID - Polri memutasi sebanyak 170 perwira tinggi (Pati) dan perwira menengah (Pamen) di jajaran Korps Bhayangkara itu. Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono dipromosikan sebagai Karopenmas Polri, naik pangkat menjadi Bintang Satu.

 Kepastian itu berdasarkan Surat Telegram (ST)/3020/XI/Kep/2019 yang dikeluarkan Mabes Polri, tertanggal Jumat (8/11/2019).

Kombes Argo Yuwono dipromosikan menjadi Karopenmas Divisi Humas Polri, menggantikan Kombes Dedi Prasetyo yang dimutasikan menjadi Karobinkar SSDM Polri.

Dengan dipromosikannya Kombes Argo Yuwono sebagai Karopenmas Divhumas Mabes Polri, berarti dirinya berhak menyandang pangkat jenderal bintang satu.

 Mengingat prestasinya selama ini, pria asal Magelang tersebut sangat berpotensi untuk dipromosikan sebagai jenderal bintang 2, untuk kemudian menduduki posisi sebagai Kadiv Humas Mabes Polri dalam satu tahun ke depan.

Berdasarkan yurisprudensi sebelumnya, mantan Kapolri Jenderal Timur Pradopo memiliki kedekatan secara emosional dengan Kadiv Humas Mabes Polri saat itu Irjen Pol Boy Rafli Amar saat mereka masih menjadi Kapolda dan Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Hal serupa juga dialami Kapolri sebelumnya Jenderal Tito Karnavian yang memiliki kedekatan dengan Kadiv Humas Mabes Polri saat ini Irjen M Iqbal. Kedekatan mereka berdua sudah terjalin sejak keduanya menjadi Kapolda dan Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Sedangkan untuk jabatan Kabid Humas Polda Metro Jaya sendiri akan diisi oleh Kombes Yusri Yunus yang sebelumnya menjabat Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divisi Humas Polri.

Firli Bahuri Jabat Kabaharkam

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Firli Bahuri dipromosikan sebagai Kabaharkam Mabes Polri menggantikan Komjen Pol Condro Kirono yang dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri.

Dengan promosi tersebut berarti Firli akan menjabat sebagai Kabaharkam sampai Desember 2019, saat ia dilantik menjadi Ketua KPK periode 2019-2023. Jabatan Kabaharkam untuk Firli ini dapat dinilai untuk mendapatkan promosi jenderal bintang tiga, sebelum dirinya menjabat Ketua KPK.

Kadiv Humas Polri Irjen M Iqbal membenarkan adanya mutasi tersebut sebagai bentuk penyegaran dan tour of duty di tubuh Polri.

 “Mutasi ini adalah hal yang wajar sebagai bentuk dari tour of duty di tubuh Polri. Dengan mutasi ini diharapkan Polri semakin baik dalam melayani masyarakat,” jelas Iqbal.