BREAKINGNEWS.CO.ID – Juara dunia baru Indonesia, Lalu Muhammad Zohri diterima Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Rabu (18/7/2018). Zohri terlihat datang ke Istana pukul 14.00 WIB, dengan mengunakan jaket putih-merah dan celanan olahraga berwarna merah dan disertakan medali emas yang diraihnya usai menjuarai Kejuaraan Dunia Atletik U-20 pada Rabu (11/7) pekan lalu di Firlandia.

Setelah tiba di Istana Kepresidenan, Zohri langsung disambut langsung oleh Jokowi yang sudah menunggunya dengan mengenakan jaket Asian Games 2018 warna hitam, andalannya. Sprinter Indonesia tersebut terlihat malu-malu saat berhadapan dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengaku bangga atas prestasi gemilang yang telah diukir oleh pemuda asal Nusa Tenggara Barat tersebut. “Tentunya kita bangga atas prestasi yang telah dicapai oleh Lalu Muhammad Zohri di ajang kejuaraan dunia U-20 lari 100 meter. Kita bangga semuanya,” kata Presiden Jokowi.

Setelah memberikan keterangan pers secara singkat, Jokowi mengajak Zohri ke luar menggunakan mobil golf berkeliling Istana Bogor. Selama berkeliling dengan mobil golf, Jokowi terlihat mensopiri Zohri yang duduk di bangku penumpang.

 

Sesampai di halaman belakang Istana, Jokowi dan Zohri turun untuk berjalan kaki melihat-lihat halaman Istana yang menyatu dengan Kebun Raya Bogor. Sekitar lima menit, Jokowi dan Zohri berjalan sembari berdiskusi secara personal terkait cabang olahraga yang digelutinya. "Saya titip bahwa prestasi ini jangan berhenti, tapi terus ditingkatkan dengan kegigihan latihan, dengan jadwal latihan yang lebih padat lagi, sehingga kita harapkan nanti betul-betul baik," ujar Jokowi.

Zohri yang baru berusia 18 tahun meraih medali emas dengan catatan waktu 10.18 detik.  Ia mengungguli para favorit juara seperti duo Amerika, Anthony Schwartz (10.22) dan Eric Harrison (10.22), serta sprinter Afrika Selatan Thembo Monareng (10,23).

Zohri turun di heat pertama, bersama atlet Jepang Daisuke Miyamoto dan berhasil lolos ke semifinal dengan waktu 10.30 detik. Catatan waktu Zohri menjadi yang terbaik dari 6 heat di babak kualifikasi. Giliran Anthony yang memimpin dengan waktu 10.19 detik. Keduanya bersama Daisuke kemudian lolos ke babak Final. Kemudian, Zohri menjadi juara dan meraih emas dalam kompetisi bergengsi tersebut.

Rekor Zohri mendekati rekornas senior yang masih dipegang Suryo Agung Wibowo dengan waktu 10.17 detik. Di babak semifinal, Zohri yang dijuluki ‘Bocah Ajaib dari Lombok’ itu turun di heat 1 dari 3 heat lolos bersama atlet muda Amerika Serikat Anthony Schwart dengan waktu 10,24 detik.