BREAKINGNEWS.CO.ID – #PesonaMudik2019 menyasar Banyuwangi. Salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur ini ternyata juga memiliki kekayaan kuliner luar biasa. Ada banyak makanan lezat yang wajib dicicipi saat Anda mudik ke daerah ini.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, kuliner khas Banyuwangi cenderung menampilkan citarasa yang pedas. Jenis masakannya pun beragam, sehingga pecinta kuliner punya banyak pilihan untuk mengisi ‘amunisi’. Mulai dari menu tradisional seperti pecel, hingga olahan seafood yang menggugah selera.

“Jika Anda ke Banyuwangi, silakan coba dan rasakan sendiri kuliner di sini. Dijamin enak dan tak mengecewakan,” ujarnya, Minggu (12/5/2019). Lalu, apa saja kuliner ter-hits ala Banyuwangi yang wajib dicicipi? Berikut 10 tempat makan favorit yang layak Anda kunjungi.

1. Sego Cawuk Bu Mantih

Sego Cawuk Bu Mantih sudah terkenal di Banyuwangi sejak dulu. Hidangan ini paling pas dimakan untuk sarapan. Sego Cawuk merupakan nasi dengan campuran kuah yang terbuat dari parutan kelapa muda, jagung muda yang dibakar, dan timun. Kemudian dibumbui cabai, bawang merah, bawang putih, dan sedikit asam. Biasanya ditambah dengan kuah pindang khas Banyuwangi.

Warung Sego Cawuk Bu Mantih bisa ditemukan di Dusun Prejengan, Desa Rogojampi, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi. Pengunjung juga bisa memilih tambahan menu seperti pelasan atau pepes ikan laut, kikil, dendng dan telur pindang. Rasanya jangan ditanya. Mantap!

2. Rujak Soto Mbok Mbret

Rujak soto adalah campuran dari dua jenis masakan. Yaitu rujak sayur yang disiram dengan kuah soto babat. Perpaduan dua jenis makanan ini kemudian menciptakan cita rasa yang unik namun nikmat dilidah. Salah satu rujak soto yang terkenal di Banyuwangi yakni Rujak Soto Mbok Mbret di Dusun Kepatihan, Kecamatan Cluring.


3. Sego Tempong Mbok Wah

Sego tempong adalah sajian nasi putih dengan sayuran rebus. Ada kol, daun singkong, dan labu siam. Kemudian ditambah dengan ikan asin sepat dan 3 ekor teri jengki goreng, serta sambal segar. Salah satu ciri sego tempong memang terletak pada sambalnya yang dibuat secara dadakan.

Di sini juga tersedia lauk pelengkap seperti ikan goreng, pindang ikan, cumi kuah hitam, pepes ikan, udang goreng tepung, sate telur puyuh, dan lain-lain. Anda bisa mengunjungi Warung Sego Tempong Mbok Wah di Jl. Gembrung No.220 Bakungan, Glagah, Banyuwangi.

4. Pecel Ayu

Satu lagi tempat wisata kuliner di Banyuwangi yang terkenal yaitu Pecel Ayu atau Pecel Rawon Ayu. Sesuai namanya, di sini menyajikan pecel yang enak, dicampur dengan rawon. Pecel rawon merupakan nasi pecel biasa yang disiram dengan kuah rawon. Kemudian ditambah dengan empal daging, serundeng, tahu goreng dan peyek udang. Anda bisa menemukannya di Jl. Adi Sucipto No. 65, Banyuwangi

5. Rawon Bik Ati

Rawon ini terkenal sekali di Banyuwangi. Porsinya lumayan banyak dan harganya bersahabat. Lokasinya juga strategis, berada di pinggir jalan raya. Tepatnya di Jl. Ahmad Yani No.83. Suasananya selalu ramai, terutama saat jam makan siang. Satu porsi rawon dengan daging empal yang empuk bisa dikombinasikan dengan paru, usus, atau tahu-tempe. Rasanya benar-benar mak nyus!

6. D’Copiz Cafe Banyuwangi

Kafe ini berada di Jalan Brawijaya, Kebalenan, Banyuwangi. Tempatnya asik banget buat nongkrong, sekaligus minum kopi sambil ngobrol. Kopinya pun ada beragam varian, antara lain robusta, arabika, kopi luwak, dan kopi lokal. Sebagai teman ngopi, tersedia beragam cemilan seperti kentang goreng, somay, hingga nasi goreng pun ada.

7. Ikan Bakar Rogojampi

Mudik ke Banyuwangi tak lengkap jika tak mampir ke warung Ikan Bakar Rogojampi. Di sini, pengunjung bisa memilih sendiri ikan segar yang akan diolah. Jenisnya pun beragam. Ada kerapu, kakap, cumi, udang, rajungan, dan lain-lain. Stok ikan sesuai dengan hasil tangkapan nelayan setempat. Yang pasti segar dan dijamin nikmat. Ikan Bakar Rogojampi berada di daerah Karangbendo, Rogojampi.

8. Seafood Sobo

Bagi pecinta seafood, wajib sekali datang ke sini. Anda bisa langsung memesan aneka masakan laut seperti kerang saus lada hitam, kerang saus padang, cumi goreng tepung, cumi pete saus balacan, dan cumi bakar bumbu merah. Ada juga cap cay kuah seafood, sup kepala ikan, dan tumis sayur ijo udang. Aneka menu Seafood Sobo bisa didapat di Jl. Kepiting, Tukangkayu, Banyuwang.


9. Osing Deles

Resto ini berdiri sejak tahun 2013. Sajian kulinernya lezat menggugah selera. Pilihannya pun banyak. Outlet yang berada di Jalan Agus Salim Banyuwangi ini menawarkan beragam masakan, baik western maupun tradisional. Ada beef cordon bleau untuk western food-nya. Kalau menu tradisional yang favorit khas Banyuwangi, ada pecel pitik. Uniknya, tempat ini juga menawarkan beragam oleh-oleh untuk buah tangan wisatawan. Mulai dari batik, handicraft, cemilan, hingga kaos.

10. Sego Bungkus Bu Poer

Tempat ini menyajikan menu nasi bungkus dengan berbagai lauk pilihan. Nasinya pun tersedia beragam. Ada nasi putih, nasi jagung, nasi kuning, hingga nasi merah pun ada. Sedangkan untuk pelengkap, tersedia oseng-oseng, ayam goreng, olahan ikan serta gudeg. Warung Bu Poer buka dari pukul 06.30 pagi. Anda bisa datang langsung ke Jl. Jend. Sudirman, Banyuwangi. Yuk ke Banyuwangi.