JAKARTA - Di ajang Computex 2018, MSI Optix MAG491C menjadi salah satu layar monitor anyar yang cukup menyita perhatian, dengan ukurannya yang lumayan besar dan tidak biasa, yaitu 49 inci. Namun, ukurannya ini tidak membuatnya masuk ke dalam kategori televisi karena sejak awal MSI merancangnya sebagai monitor gaming yang punya kemampuan sama dengan dua monitor.

Seperti dilansir dari OverClock3D, Jumat (8/6/2018), apa yang coba MSI tawarkan pada MSI Optix MAG491C adalah pengalaman bermain yang lebih apik untuk beberapa jenis game, seperti racing. Ukuran layar 49 inci ini mengusung rasio 32:9 beresolusi 3840 x 1080.

Resolusi ini setara dengan dua monitor gaming yang menggunakan visual 1920 x 1080. Benar, meskipun besar, monitor ini tidak mendukung resolusi 4K.

MSI Optix MAG491C juga telah mengadopsi AMD FreeSync pada refresh rate 144Hz dan response time 3ms.

Mengusung konsep melengkung atau curve, monitor gaming ini diklaim tetap mempertahankan tampilan warna yang akurat, dan tak membuat pemainnya harus menggerakkan kepala demi melihat sudut lain. MSI mengklaim panelnya bisa memproduksi 100 persen sRGB color gamut, dengan output pencahayaan 400 nits.

Salah satu fitur secara software yang ditawarkan MSI Optix MAG491C adalah mode picture-in-picture, yang membuatnya bisa memperlihatkan dua aplikasi sekaligus, seperti saat menggunakan dua monitor.

Artinya, monitor ini bisa menghapus bezel yang selama ini muncul pada penggunaan dua monitor. Cara penggunaannya tetap memakai dua input visual dari satu PC.