BREAKINGNEWS.CO.ID-Pemerintah Kabupaten Bogor dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) berkomitmen mengembangkan kawasan Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSCBG). Nota kesepahaman (MoU) pun ditandatangani kedua belah pihak.

Bupati Bogor Ade Yasin menegaskan, pengembangan CSCBG yang berada di kawasan LIPI tersebut sangat penting dalam mewujudkan Bogor The City of Sport and Tourism. Dia berharap CSCBG menjadi alternatif baru tujuan wisata yang dimiliki Kabupaten Bogor.

"Potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Bogor ini cukup banyak. Ini (CSCBG) merupakan investasi jangka panjang dan ini merupakan sebuah investasi jangka panjang," kata Ade saat menjelajahi CSCBG bersama Kepala LIPI Pusat Laksana Tri Handoko, Kamis (21/2).

Dia menambahkan, pengembangan pariwisata bakal mendapat dukungan dari pembangunan di jalur lingkar LIPI.
Dengan begitu, kata dia, warga Cibinong atau Kabupaten Bogor bakal menjadi tuan rumah pariwisata berkat warisan alam yang dimiliki.

"Cibinong saya sebut sebagai kampung besar sehingga masyarakat harus membiasakan kawasan tersebut sebagai kawasan wisata. Untuk menunjang itu semua, kami akan membangun jalur lingkar LIPI", ujarnya.

Sementara, Kepala LIPI Pusat Laksana Tri Handoko mengatakan, kerja sama dengan Pemkab Bogor sejatinya terbina sejak lama. LIPI, kata dia, telah menginisiasi pengembangan kekayaan hayati di kawasan tersebut sejak pmerintahan Soekarno.

"Semenjak tahun 1969 pada masa pemerintahan Soekarno, LIPI diinisiasi dan berfokus pada pengembangan hayati," kata Handoko.