Hohenstein-Ernstthal - MotoGP Jerman 2017 di Circuit Sachsenring, Minggu (2/7/2017), nampaknya akan jadi ujian berat untuk beberapa pembalap Yamaha. Perkiraan ini keluar lihat kesusahan Yamaha menandingi kecepatan motor Honda serta Ducati pada session kwalifikasi.

Pada kwalifikasi 2 (Q2) MotoGP Jerman, Sabtu (1/7/2017), Jonas Folger jadi hanya satu pembalap Yamaha yang dapat mendekati kecepatan Ducati serta Honda. Pembalap Yamaha Tech 3 itu start dari posisi ke-5.

Berlainan dengan Valentino Rossi yang akan mulai balapan dari baris ke-3 atau tempat ke-9. Kepastian itu didapat sesudah pembalap Movistar Yamaha itu mempunyai catatan saat yang terpaut 1, 367 detik dari Marc Marquez, pembalap Repsol Honda yang merebut pole position.

Hal tersebut membuat The Doctor sedikit pesimistis hadapi balapan MotoGP Jerman. Pembalap berumur 38 th. itu juga mengakui tidak tahu apa penyebabnya YZR-M1 demikian lambat di Sachsenring.

" Sayangnya dalam basah saya berjuang. Kelihatannya semuanya Yamaha, terkecuali Folger, sedikit lambat dari Ducati serta Honda. Kwalifikasi jalan begitu susah. Kami coba beberapa hal berlainan, namun kami tidak sempat cukup kuat, " kata Rossi, ditulis Crash.

Untuk Rossi sendiri, sinyal tanda jelek perform motornya telah tampak mulai sejak latihan bebas (FP) 1 MotoGP Jerman. Ia tidak sempat meskipun dapat berkompetisi dengan masuk deret lima besar. Tindakan terbaiknya waktu duduk di posisi ke-6 pada FP3 dengan selisih 0, 566 detik dari pembalap paling cepat.

Kekecewaan Rossi

Kondisi itu begitu disayangkan mengingat The Doctor mengharapkan dapat meneruskan trend positifnya. Maklum, ia barusan akhiri paceklik kemenangan sepanjang satu tahun dengan merebut podium juara MotoGP Belanda 2017 di Circuit Assen.

" Kami tidak paham apa yang berlangsung serta apa ketidaksamaannya. (Johann) Zarco dengan motor 2016, minggu lantas ada di tempat paling depan (trek basah Assen) serta sesudah satu pekan dalam keadaan yang sama, ia ada di tempat ke-19, " terang Rossi.

" Saya kuat di Assen, juga di trek basahnya. Disini saya lebih berjuang, begitu susah dipahami. Dibanding th. lantas, perasaan dengan motor begitu berlainan. Th. lantas, saya yaitu satu diantara yang paling cepat disini, " ia memberikan.

Kebetulan, Rossi juga telah cukup lama tidak mencicipi podium juara MotoGP Jerman. Kemenangan paling akhir di Sachsenring didapat pembalap asal Italia itu pada 2009. Mulai sejak itu, perolehan paling baik Rossi cuma finish di tempat ke-3.

Tag