MUGELLO-MotoGP Italia segera digelar, Minggu (3/6/2018) malam ini di Sirkuit Mugello. Marc Marquez, pembalap utama tim Repsol Honda, hanya menempati posisi keenam saat melakoni sesi kualifikasi di Sirkuit Mugello, Italia, dengan torehan waktu 1 menit 46,454 detik. Pembalap asal Spanyol itu terpaut 0,246 dt dari Valentino Rossi yang menduduki posisi pertama. Akan tetapi, Marquez menerangkan bahwa ia sengaja mengalah dari Rossi di kualifikasi tersebut.

Pada saat Marquez menjalani lap terakhir di kualifikasi Mugello, ia menyadari kalau dirinya bersungguh-sungguh maka akan bisa melampaui catatan waktu Rossi dan mengambil alih pole position. Akan tetapi, The Baby Alien lebih memilih untuk tak melakukannya. Pasalnya, Marquez tak ingin Rossi mengambil pelajaran darinya jika ia menempati posisi pertama.

 

Menurut Marquez, jika dirinya mengambil alih posisi Rossi, maka The Doctor pasti akan mempelajari sesuatu dan bakal tampil lebih baik lagi saat balapan. Akan tetapi, hal berbeda akan terjadi jika dirinya tetap menahan diri di kualifikasi. Pasalnya, Rossi kini tak mengetahui kemampuan Marquez yang sebenarnya.

“Pada lap terakhir, ketika dia sudah di pole position, saya mendapati dia berada di belakang saya. Ini wajar. Saya juga mencoba memahami apa yang orang lain lakukan. Saya lebih memilih tak meneruskan mengincar posisi terdepan dan memulai balapan nanti dari posisi keenam, ketimbang membuatnya mempelajari sesuatu,” ungkap Marquez, menukil dari Tutto Motori Web, Minggu (3/6/2018).

“Saya kira ini akan menjadi balapan dengan skala grup. Di sini Anda mengambil jejak, dan saya telah membatalkan beberapa lap hanya untuk tidak memberikan jejak kepada lawan. Di Mugello, Anda belajar banyak dengan mengikuti orang lain,” jelas Marquez.