BREAKINGNEWS.CO.ID - Pembalap asal Italia, Valentino Rossi menegaskan kepada para pembalap Italia harus bisa mematahkan dominasi para pembalap dari Spanyol di MotoGP musim depan dan tahun-tahun mendatang.

Pembalap berjuluk The Doctor tersebut pun yakin para pembalap muda dari Italia yang mulai berkarier di kelas MotoGP mampu menunjukkan kemampuan maksimal mereka demi posisi terdepan. Sejumlah pembalap anyar di MotoGP asal Italia seperti Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia diyakini Rossi memiliki potensi yang bagus di masa yang akan datang.

"Dua juara telah datang. Pertama Morbidelli, kemudian Bagnaia yang berasal dari Moto2. Tahun depan akan ada dua tim yang bagus, dua motor yang sangat kuat. Kami juga masih memiliki pembalap [Italia] lain yang masih muda dan akan datang lagi [ke MotoGP]. " "Sangat penting untuk mencoba mengalahkan dominasi Spanyol karena dalam beberapa tahun ke belakang merupakan dominasi Spanyol dan kami harus lebih banyak mendatangkan pembalap dari Italia pada balapan ke depannya," terang Rossi kepada AS, seperti dikutip dari Tuttomotoriweb, Jumat (14/12/2018).

Morbidelli baru memulai karier di MotoGP pada 2018 bergabung bersama tim Honda Marc VDS. Ia berada pada urutan ke-15 klasemen akhir pada debutnya tersebut. Sementara itu, Bagnaia akan memulai debutnya pada MotoGP 2019. Pebalap berusia 21 tahun itu bergabung dengan tim Ducati Alma Pramac Racing.

Rossi harus puas finis di posisi ketiga klasemen akhir MotoGP 2018 dengan raihan 198 poin. Sementara Marc Marquez kembali menjadi juara balapan tersebut setelah berhasil meraih 321 poin. Kompatriot Rossi, Andrea Dovizioso finis sebagai runner-up MotoGP 2018 dengan perolehan 245 poin. Sejak 18 tahun terakhir, dua pembalap asal Spanyol yakni Jorge Lorenzo dan Marc Marquez selalu mendominasi juara MotoGP. Hanya pada musim 2011 gelar juara dimenangkan oleh pembalap asal Australia, Casey Stoner.