BREAKINGNEWS.CO.ID – Modifikasi motor di Indonesia masih sangatlah banyak peminatnya. Beberapa bikers baik muda atau pun tua bahkan masih tidak puas dengan motor keluaran pabrik yang sudah dirancang sedemikian canggih sehingga memilih melakukan modifikasi. Salah satu part yang paling sering digunakan adalah peninggi sokbreker belakang.

Ada baiknya kita sebagai bikers mengerti part-part apa saja yang disarankan untuk memodifikasi kendaraan kita. Ternyata, part yang biasa disebut dengan anting peninggi sokbreker belakang ini justru sangat tidak disarankan, karena justru membahayakan.

Mungkin sebagian dari para bikers, meninggikan buritan belakang dengan cara memasang anting adalah hal yang paling mudah. Namun ternyata, hal tersebut justru tidak disarankan. Hal ini dijelaskan langsung oleh salah satu orang yang sudah berkecimpung lama di dunia otomotif khususnya sepeda motor.

Anting shokbreker belakang sepeda motor matic

Ia adalah Ahmad Habibi dari bengkel spesialis Semarang Shockbreaker, Jakarta Timur. Ia menjelaskan jika memasangkan anting untuk meninggikan shokbreker belakang justru membuat shokbreker tersebut rawan bengkok, bahkan bisa patah.

"Dengan memasangkan anting peninggi shock, shock itu sendiri bisa bengkok karena karet yang berada di swing arm tidak berfungsi mengikuti alur guncangan shock," jelas Ahmad Habibi.

Jika kita perhatikan, memang dudukan anting peninggi mengharuskan sok bertumpu pada titik yang membatasi pergerakan. Hal ini justru menyebabkan sok jadi kehilangan fleksibilitasnya dalam mengikuti ayunan dari getaran yang ada.

Shokbreker belakang sepeda motor yang sudah bengkok

Selain itu bantalan karet juga jadi tidak berfungsi seperti sebagaimana mestinya. Alhasil, getaran tidak bisa diredam dengan baik. Belum lagi jika kita menggunakan anting peninggi shok aftermarket atau kw, itu wajib untuk dipertanyakan kualitasnya.  Kemungkinan terjadinya shok patah sangatlah besar. Inilah mengapa memodifikasi shokbreker belakang menggunakan anting shok tidak disarankan.

"Kalau mau modif motor biar buritan jadi lebih tinggi, mending ganti sokbreker yang banyak di pasaran. Pastikan juga anda beli partnya yang sudah bermerk dan sudah terpercaya," pungkas Ahmad Habibi.

Jadi bagaimana bikers? Masih mau memodifikasi shokbreker motor anda? Pilih selamat atau pilih gaya yang justru membahayakan diri kita sendiri? Pastikanlah faktor keamanan dan keselamatan menjadi prioritas anda. Jadi mulai sekarang, lepaskan saja peninggi shokbreker di motor kamu agar tidak bengkok dan patah yang bisa membahayakan keselamatan.