BREAKINGNEWS.CO.ID – Sejumlah pejalan kaki mengalami luka-luka setelah sebuah mobil misterius menabrak mereka sebelum pada akhirnya menghantam pagar penghalang di luar Gedung Parlemen Inggris di London pada Selasa (14/8/2018) pagi waktu setempat.

Area pemerintahan yang terletak di kawasan Wesminster itu segera disterilkan oleh polisi hingga batas waktu yang belum ditentukan, setelah sebuah kendaraan berwarna perak itu diyakini sudah menabrak sejumlah orang lalu menghantam pagar pembatas gedung parlemen. Polisi Metropolitan London menyatakan pengemudi mobil langsung ditahan di tempat kejadian pasca-insiden yang berlangsung di jam sibuk tepat pukul 7:37 pagi.

"Pukul 7.37 pagi ini, sebuah mobil menabrak penghalang di luar Gedung Parlemen. Pria pengemudi mobil ditangkap polisi di lokasi kejadian," kata Polisi Metropolitan London dalam pernyataan, Selasa. Melalui akun Twitter-nya, Polisi Metropolitan London memastikan tidak ada luka-luka serius dialami korban.

Layanan Ambulans London menyatakan mereka merawat dua orang yang cedera ringan. Keduanya dibawa ke rumah sakit. Stasiun bawah tanah terdekat di Westminster ditutup. Adapun Parlemen Inggris sedang reses (masa istirahat dari kegiatan bersidang). Dilansir CNN, seorang saksi menyatakan insiden berlangsung di sisi lain dari trotoar. "Saya mendengar keributan, seseorang berteriak. Saya berbalik dan menyaksikan sebuah mobil warna perak melaju dari perlintasan, sangat cepat dekat dengan penghalang bahkan juga ke trotoar," kata Ewelina U. Ochab seperti dilansir CNN.

"Mobil melaju dengan cepat. Ada ledakan keras akibat tabrakan dan keluar asap. Sopir tidak keluar. Para penjaga mulai berteriak kepada orang-orang untuk menyingkir. Seorang lelaki tua mendesak saya untuk bersembunyi di balik monumen, sekadar untuk berjaga-jaga." Pengamanan di wilayah sekitar Gedung Parlemen diperketat setelah serangan di Jembatan Westminster pada Maret 2017. Empat orang tewas saat seorang pria Inggris, Khalid Masood menabrakkan sebuah mobil di jalanan di Jembatan Westminster. Masood juga menikam seorang polisi tak bersenjata hingga tewas.

Pengamanan Diperketat

Scotland Yard mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Pada 07.37 hari ini, sebuah mobil menabrak pagar pembatas di luar Gedung Parlemen." "Sopir laki-laki dari mobil itu ditahan oleh petugas di tempat kejadian. Sejumlah pejalan kaki terluka. Petugas tetap berjaga di tempat kejadian hingga saat ini. Layaknya gedung parlemen di banyak negara, milik pemerintah Inggris juga dikelilingi oleh pagar keamanan khusus, yang terbuat dari perpaduan baja dan beton.

Langkah pengamanan terhadap gedung-gedung penting negara, terutama yang diperuntukan untuk pemerintah nasional, semakin diperketat setelah serangan Westminster Bridge pada Maret 2017, ketika Khalid Masood menabrakkan mobil ke kerumunan massa di jembatan legendaris di dekat Menara Big Ben, dan menewaskan empat orang. Masood meninggalkan mobilnya lalu menikam dan membunuh Pc Keith Palmer, petugas jaga kerajaan yang tidak bersenjata, sebelum dia ditembak oleh polisi di sebuah halaman di luar Gedung Parlemen.