BREAKINGNEWS.CO.ID - PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dipastikan tidak akan terintegrasi dengan Jak Lingko dikarenakan dalam waktu dekat MRT Jakarta sudah akan beroperasi sementara kartu yang digunakan pelanggan MRT nantinya khusus.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William P Sabandar menuturkan kalau tidak menutup kemungkinan kartu MRT Jakarta akan terintegrasi dengan Jak Lingko tapi lagi-lagi butuh waktu yang cukup lama. Maka dari itu MTR Jakarta sementara waktu seperti rencana semula, mengingat pembuatan kartu MRT sudah sejak tahun lalu.

“Kan butuh waktu proses integrasi sementara MRT sudah mau beroperasindi bulan Maret. Nggak mungkin karena kita kan harus bikin kartunya lama sementara kartu MRT sudah dibikin setahun yang lalu,” tegas William di Balaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Senin (4/2/2019).

Sementara untuk tarif MRT sendiri hingga kini William belum mengantongi angka pastinya karena terakhir mengajukan sebesar Rp8.500 /km. Besaran itu tentunya sudah dipastikan dapat subsidi dari pihak Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Mungkin sekarang saya enggak tahu prosesnya soal integrasi tadi bagaimana melakukan integrasi ya itu. Pasti subsidi Rp8.500 itu subsidi sudah angka subsidi,” terang William.

Secara terpisah Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) justru memastikan kalau Jak Lingko bisa terintegrasi dengan MRT meskipun dalam waktu sudah akan beroperasi. Keyakinan itu merujuk pada ujicoba kartu Jak Linko yang mulai diujicobakan pada Jumat (8/2/2019).

“MRT mengatakan, Februari ini mereka melakukan proof of concept atau pengujian dari bagaimana kartu bank bisa dipakai di MRT. Jadi kartu Jak Lingko kami ini nanti 8 Februari akan diuji. Kalau bisa dipakai di MRT, maka pas Maret beroperasi, bisa dipakai,” pungkas Agung.

PT MRT Jakarta telah mencetak 954.000 kartu tiket untuk calon penumpang moda transportasi publik yang dijadwalkan resmi beroperasi mulai Maret 2019 itu. Sebanyak 954.000 kartu tiket dibagi menjadi dua jenis kartu, yakni single trip untuk satu kali pemakaian dan multi trip untuk pemakaian berulang. (