CATALUNA – Pembalap asal Australia, Jack Miller bakal segera memperpanjang kontraknya dengan tim Alma Pramac Ducati Team untuk satu musim kedepan. Pernyataan tersebut dilontarkan langsung oleh Miller di sela-sela perhelatan seri ketujuh MotoGP di Barcelona yang diadakan di sirkuit Cataluna, Jumat (15/6/2018). Dengan demikian ia bakal dipastikan akan menjadi pembalap utama di tim satelit asal Cosela d’Elsa, Italia tersebut, menyusul kepindahaan tandemnya, Danilo Petrucci ke tim pabrikan Ducati.

Miller menyebutkan kalau dirinya bukan hanya mendapat perpanjangnya kontra baru saja, melainkan Pramac Ducati pun akan memberikan padanya tunggangan yang memiliki spesifikasi yang sama dengan tim pabrikan yang ditunggangi oleh kedua pembalap mereka, Andrea Doviziso dan Petrucci di musim depan, yakni Desmosedici GP19.

“Seperti yang saya kira, saya bertahan di sini dan akan menggunakan GP19. Satu tahun lagi di Pramac, saya pikir itu bagus bagi kami,” ujar Miller. “Ini telah direncanakan, kami telah memiliki opsi awal untuk tahun ini. Kontrak memang belum ditandatangani sampai saat ini, namun saya berasumsi itu akan rampung hari ini atau besok.”

Hanya mendapatkan kontrak satu tahun, Miller tertantang untuk membuktikan kepada Ducati bahwa dirinya pantas dipertahankan dalam jangka waktu panjang. “Kami belum pernah berada dalam situasi ini [kontrak satu tahun], tapi saya berasumsi Danilo juga mendapatkan hal serupa," terangnya. "Mereka menganggap kami sebagai pembalap tes, yang memiliki dampak positif dan negatif. Tapi saya bersemangat, saya akan mengambil tantangan ini,” ia menjelaskan seperti yang dikutip dari Motorsport.

Diduetkan dengan rookie Francesco Bagnaia musim depan, pebalap yang memiliki julukan Jackass inipun menerima tantangan untuk menjadi ujung tombak skuat Pramac. “Saya bersemangat untuk menjadi pembalap pertama tahun depan,” ungkap Miller. “Ini akan bagus, Anda akan mendapatkan tekanan sebagai ujung tombak tim.

“Ini adalah kali pertama, memang di Marc VDS saya merasa seperti pembalap utama, namun hanya bertarung untuk posisi ke-14 atau 15, itu tidak berarti banyak. Senang menjadi pembalap utama tim dengan motor yang dapat memenangi balapan, tentunya akan sangat menyenangkan,” pungkasnya.