BREAKINGNEWS.CO.ID - Tidak salah jika Pulau Jawa dinobatkan sebagai pulau terbaik di dunia oleh situs travelling populer di dunia yaitu Travel and Leisure. Salah satunya pesona teluk hijau Sarongan Pesanggaran atau populer juga disebut Green Bay Banyuwangi, Jawa Timur.

Keistimewaan pantai ini karena air lautnya berwarna hijau di tepian kemudian membiru begitu ketengah lautan. Pantai Teluk Hijau ini lokasinya berada di area Taman Nasional Meru Betiri, Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi, Jawa Timur. Bagi yang sedang mampir di Banyuwangi amat disayangkan jika tidak datang ke tempat ini.

Green Bay Banyuwangi.



Seperti namanya, jika dilihat dari kejauhan, Green Bay terlihat biru kehijau-hijauan. Hal itu disebabkan karena dasar perairan yang dangkal serta ditumbuhi alga. Dengan pasir putih yang bersih, kalian seperti sedang berwisata di pantai Lombok dan Bali.

Karena masuk dalam wilayah taman nasional, pantai ini jarang dijamah manusia. Pantai ini memiliki pasir putih halus. Ada banyak spot menarik untuk dijadikan latar belakang foto. Contohnya saja air terjun setinggi 8 meter. Biasanya air terjun ini digunakan pelancong untuk tempat bilas alami.

Berbeda dengan Pantai Plengkung yang ombaknya bisa mencapai 8 meter, di Green Bay kamu masih bisa berenang dengan aman. Meski demikian tetap saja harus waspada dari segala kemungkinan.

Kamu juga bisa membuat tenda lho di sekitar pantai. Hanya saja kamu harus berkoordinasi dulu dengan pengelola Taman Nasional Meru Betiri. Dikwatirkan ada hewan buas yang sedang mampir ke pantai itu.

Akses yang cukup sulit membuat Pantai Teluk Hijau jarang disinggahi. Kamu harus menyusuri jalan setapak curam dan berbatu. Kemudian menuruni bukit dan menembuh hutan.

Setelah melewati itu kamu akan mendengar deburan ombak menghantam bebatuan. Di sana kamu akan melihat pantai dengan hamparan batu berbagai ukuran. Namun jangan senang dulu karena itu bukan pantai yang dituju.

Dulu orang-orang hanya melihat Teluk Hijau dari kejauhan saja. Teluk Hijau hanya dijadikan tempat persinggahan sebelum mengunjungi Taman Nasional Meru Betiri dan Sukamade.

Kepopuleran pantai ini dimulai sejak tahun 2015 lalu. Saat itu banyak orang yang mengunggah keindahan alam di Pantai Teluk Hijau. Seiring berjalannya waktu nama Pantai Teluk Hijau alias Green Bay makin bersinar.

Sedikit tips saat datang ke Pantai Teluk Hijau adalah membawa makanan dan minuman sendiri. Karena di sana tak ada penjuan makanan. Jangan lupa membawa tabir surya agar kulitmu tak tersengat matahari. Terakhir dan yang paling penting tetap menjaga kebersihan. Amat memalukan jika kamu mengotori pantai asri ini.