BREAKINGNEWS.C0.ID – Mike Tyson, nama seekor sapi menjadi hewan kurban dari Presiden Joko Widodo untuk masyarakat di Polewali Mandar, Sulawesi Barat. Sapi yang memiliki berat 1 ton itu menurut peternak yang menghasilkannya dibeli dengan Rp 85 juta. Sapi ini merupakan salah satu hewan ternak unggulan yang dikurbankan pada Idul Adha, Minggu (11/8/2019).

Sang pemilik sapi Abdul Rahim menyatakan, sapi dengan panjang dua meter dan berusia tiga tahun itu memang unik. Selain diberi nama Mike Tyson, karena badannya yang jumbo, sapi ini juga trengginas layaknya petinju kelas berat itu. Sapi ini juga manja, karena rutin dimandikan dua kali sehari, yakni setiap pagi dan sore hari layaknya manusia.

"Saya tentu senang dan bangga karena kalau dijual, biasa harganya tidak semahal itu,” kata Abdul saat ditemui di peternakannya di Ujung Baru, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, Sulbar, Minggu (4/8/2019).

Untuk menjaga berat badan sapi agar tidak turun, Abdul memberinya makan dua kali sehari dengan pakan rumput hijau dicampur ampas tahu dan batang pisang.  Bukan hanya itu, perlakuan khusus pertama yang diterima Tyson adalah disediakannya karpet hitam seharga Rp 2 juta sebagai alas tidur. Karpet tersebut dibeli di Surabaya, Jawa Timur, khusus untuk membuat tidur si Tyson nyaman.

Untuk memastikan kondisi kesehatan Mike Tyson, staf ahli presiden bersama tim dokter kesehatan hewan dari Dirjen Kementerian Pertanian RI meninjau langsung sapi tersebut  sebelum dikurbankan. Tim staf presiden yang tiba di Bandara Tampapadang Mamuju langsung mendatangi kandang milik Abdul Rahim di Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polman.

Dokter hewan bahkan kembali mengukur ulang sapi mulai dari tinggi badan, lingkar dada, panjang badan, dan berat badan.  Awalnya pemilik sapi menawarkan harga sapi tersebut Rp 90 juta, namun ditawar dengan harga Rp 85 juta. Setelah melakukan negosiasi, kedua pihak pun sepakat dengan harga Rp 85 juta dengan sistem pembayaran non tunai atau transfer.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI Drh Sigit Nurtanto mengatakan, kondisi sapi kurban ini sehat. Itu dilihat dari ciri-ciri secara klinis seperti lincah, nafsu makan bagus, terus juga moncongnya basah dan telah memenuhi standar.