JAKARTA - Microsoft memperkenalkan fitur OneDrive baru minggu ini yang akan memudahkan pemulihan dari serangan ransomware.

Seperti dilansir dari The Verge, Kamis (5/4/2018), File Restore yang berjalan pada OneDrive for Business ke akun OneDrive pribadi memerlukan langganan Office 365 untuk mendapatkan akses ke fitur terbaru File Restore tersebut. Pengguna OneDrive sekarang dapat menggunakannya untuk mengembalikan file dari titik mana saja dalam 30 hari terakhir. Jika Anda tidak sengaja menghapus file, Anda akan dapat memulihkannya, atau jika Anda membuat beberapa kesalahan dan ingin kembali ke salinan sebelumnya.

Microsoft memasarkan fitur Pemulihan File sebagai cara yang baik untuk melindungi dari serangan ransomware yang mengunci file di PC lokal. Kami telah melihat sejumlah serangan ini baru-baru ini, dan korban telah dipaksa untuk membayar uang untuk mencoba mendapatkan kembali file mereka.

Jika OneDrive mendeteksi penghapusan file-file cloud secara massal, Microsoft akan memperingatkan pengguna melalui email atau pemberitahuan mobile/desktop dan proses pemulihan akan memungkinkan Anda dengan cepat mengembalikan ke waktu sebelum serangan ransomware. "Ini adalah yang pertama dari layanan di industri," kata Seth Patton, manajer umum Office 365. "Kami percaya OneDrive adalah tempat paling aman untuk menyimpan file Anda."

Di samping fitur Pemulihan File baru ini, Microsoft juga menambahkan tautan berbagi yang dilindungi kata sandi untuk OneDrive agar lebih aman ketika Anda membagikan file atau folder penting.

Outlook.com juga diperbarui dengan enkripsi email untuk pelanggan Office 365. Enkripsi email dapat diaktifkan pada setiap pesan, dan Outlook.com bahkan akan meminta Anda untuk mengenkripsi email jika ia mendeteksi informasi seperti nomor jaminan sosial dalam pesan. Penerima akan dapat membaca pesan di Outlook.com, Outlook untuk iOS dan Android, aplikasi Windows Mail, atau hanya dengan mengunjungi tautan di email jika tingkat keamanan di penerima tidak memenuhi standar koneksi terenkripsi Microsoft. Pengguna Outlook.com juga akan dapat mencegah penerima meneruskan atau menyalin email yang dikirim dari layanan.

OneDrive's File Restore, perlindungan ransomware, dan enkripsi Outlook.com akan mulai diluncurkan ke pelanggan Office 365 hari ini dan sepanjang sisa bulan ini. Microsoft mengatakan tautan OneDrive yang dilindungi kata sandi akan tersedia dalam beberapa minggu mendatang.