BREAKINGNEWS.CO.ID - Kesit Budi Handoyo, adalah sosok wartawan senior yang sarat pengalaman di dunia pers nasional. Sekretaris PWI DKI Jaya itu kini bakal menambah panjang deretan pengalamannya. Kesit yang juga dikenal sebagai pengamaat sepak bola itu bakal kembali mengawal gawean besar di organisasi kewartanan nasional ini. 

Ya, Rabu (15/1/2019) Kesit dipercaya untuk kembali menjadi Ketua Panitia dan Penyelenggara Anugerah Jurnalistik Muhammad Husni Thamrin tahun 2019-2020. Acara yang juga dikenal sebagai MH Thamrin Awards itu adalah sebuah acara tahunan bergengsi yang sudah digelar PWI Jaya sejak tahun 1995.

Bahkan jika ditarik dari agenda sebelumnya, yakni penghargaan Adinegoro yang kini digelar oleh PWI Pusat, acara pemberiaan penghargaan kepada insan pers oleh PWI Jaya ini adalah yang tertua di Tanah Air. 

Kali ini, PWI Jaya juga bekerja sama kembali dengan Pemprov DKI Jakarta. Kerja sama yang dilaksanakan rutin sejak tiga tahun lalu ini secara resmi memasukkan MH Thamrin Awards sebagai bagian dari program resmi  yang dibiayai oleh APBD DKI Jakarta. 

Untuk tahun ini PWI Jaya membuat tujuh pengkategorian yang akan diperlombakan. Kategori tersebut antara lain: 

7 Kategori Anugerah Jurnalistik MH Thamrin 2020:

1. Produk jurnalistik teks. (Tulisan diambil dari media massa cetak dan media online)

2. Produk jurnalistik foto. (Foto diambil dari media massa cetak dan media online).

3. Produk jurnalistik video stasiun tv terestrial. (Video diambil dari media massa televisi terestrial).

4. Produk jurnalistik video media massa televisi streaming. (Video diambil dari tv streaming dan media massa online).

5. Produk jurnalistik audio. (Berita audio diambil dari stasiun radio terestrial dan streaming/online).

6. Produk jurnalistik infografis. (Berita Infografis diambil dari media massa cetak dan online).

7. Tajuk Rencana. (Tajuk rencana diambil dari media massa cetak, online, stasiun televisi terestrial, dan tv streaming).

MH Thamrin Awards ini juga memberi batasan pemberitaan yang dilakukan oleh para jurnalis atau fotografer tersebut adalah pemberitaan seputar kejadian, peristiwa di DKI Jakarta dan pembangunan yang ada di wilayah tersebut. 

Mengingat ini bukan kali pertama bagi Kesit BH mengawal agenda penting yang bergengsi ini, maka banyak harapan digantungkan kepadanya. Sebuah kepanitiaan yang kompak dan mampu bekerja dengan baik harus segera ia siapkan. Keluwesan bergerak dan melobi para calon sponsor juga menuntut sentuhan tangan dinginnya.  

"Ini memang bukan tugas pertama saya menjadi ketua ajang ini. Pengalaman tahun-tahun sebelumnya sudah memberi saya banyak sekali pelajaran berharga. Satu hal yang penting, saya akan bekerja dengan timeline yang jelas, agar even ini terlaksana dengan baik dan memberikan manfaat bagi dunia pers, khususnya di DKI Jakarta," ungkap Kesit. 

Ketua PWI DKI Jaya, Sayid Iskandarsyah, juga berharap pemberian penghargaan kali ini akan lebih berbobot dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Kami menghadirkan juri-juri  yang bebobot serta sarat pengalaman di dunia pers. Mereka akan menilai karya jurnalistik insan pers tersebut," tutur Sayid. 

Harapannya tentu lewat MH Thamrin Awards ini akan terus bermunculan karya-karya jurnalistik yang mencerahkan, membangun serta kritis menyikapi berbagai permasalahan di Jakarta. Selain itu, karya tersebut bisa menjadi tolok ukur bagi karya jurnalistik yang baik di Indonesia.  

Tunggu apa lagi? Kini insan pers di Jakarta sudah diberi kesempatan seluas-luasnya untuk memberikan karya terbaik mereka sesuai dengan kategori yang ada.