LLOBREGAT-Barcelona bertamu ke markas Espanyol untuk melakoni leg pertama babak perempatfinal Copa del Rey, Kamis (18/01/18) dini hari WIB. Namun, Lionel Messi yang gagal mengeksekusi tendangan penalti menjadi biang kekalahan Barcelona pada laga yang digelar di RCDE Stadium, Cornella de Llobregat ini.

Espanyol memenangkan pertandingan pertama Cope del Rey ini dengan skor tipis 1-0--dan ini sekaligus menjadi kekalahan pertama Barcelona di musim 2017/2018. Di La Liga Barcelona demikian perkasa, belum terkalahkan dari 19 pertandingannya.

Begitu wasit Ricardo De Burgo Bengoetxea meniup peluit tanda pertandingan dimulai Barcelona langsung menggedor. La Blaugrana sudah mengancam gawang tim tuan rumah yang dikawal kiper Diego Lopez lewat peluang yang didapatkan Lionel Messi dari tendangan bebas saat laga baru berjalan 2 menit.

Messi gagal penalti.

Namun sayang, sepakan bintang Argentina itu harus menghantam tiang gawang. Setelah peluang tersebut, Barcelona terus-terusan menggempur pertahanan Espanyol yang diarsiteki oleh Quique Flores itu. Tim tuan rumah juga kesulitan untuk keluar membangun serangan ke gawang Barcelona.

Dimenit ke-15, lewat umpan datar Denis Suarez ke Carlos Alena, Barca memiliki peluang matang. Namun, Naldo datang untuk menghalau bola dari kaki Alena yang di laga ini nampaknya ditugaskan untuk menjadi penyerang tengah oleh Ernesto Valverde.

Hingga menit ke-35, Barcelona yang mendominasi jalannya pertandingan belum juga mampu menyelesaikan satu peluang matang yang mereka dapatkan. Hingga Espanyol yang malah memiliki peluang untuk mencetak gol pembuka. Pada menit ke-37, Moreno adu sprint dengan bek tengah Barca, Thomas Vermaelen yang akhirnya melakukan pelanggaran di luar kotak penalti.

Kejadian ini sempat membuat para suporter tuan rumah marah kepada wasit yang tidak memberi peringatan apapun kepada Vermaelen. Menit-menit terakhir babak pertama, Barcelona kembali menunjukkan dominasi mereka. Denis Suarez mendapatkan peluang yang berawal dari umpan Alena, namun sayang peluang tersebut belum bisa memberi gol untuk Blaugrana.

Barcelona yang terlihat buntu dalam serangan belum juga melakukan pergantian pemain saat memasuki babak kedua. Pada menit ke-50, La Blaugrana mendapatkan peluang saat Vermaelen hendak meneruskan tendangan bebas Messi di mulut gawang Espanyol. Namun, bek tengah Espanyol, Naldo berhasil lebih cepat menjemput dan menyapu bola dengan tandukan sehingga bola keluar dari kotak penalti.

Ernesto Valverde menarik Paulinho yang mengalami cedera dan memasukan Ivan Rakitic saat laga memasuki menit ke-54. Barcelona langsung kembali menguasai jalannya bola di lini tengah lapangan. Pada menit ke-61, Esteban Granero melakukan pelanggaran di kotak terlarang saat menjatuhkan Sergi Roberto.

Tendangan penalti untuk Barcelona. Namun, secara mengejutkan, Lionel Messi yang menjadi algojo harus tertunduk lesu usai tendangannya dari titik putih penalti berhasil digagalkan oleh Diego Lopez.

Espanyol beri Barcelona kekalahan pertama

Hingga waktu memasuki menit ke-80, kedua tim belum juga ada yang mencetak gol. Memalukan untuk Barcelona, karena mereka memiliki penguasaan bola sebesar 66% hingga menit ke-80 namun tak kunjung mencetak satu gol. Pada menit ke-84, Espanyol berusaha menembus pertahanan Barcelona dengan umpan silang dari penyerang sayap mereka, Marc Navarro.

Namun sayang, dengan mudah umpan tersebut berhasil disapu oleh Gerard Pique. Empat menit kemudian, secara mengejutkan Espanyol mencetak keunggulan 1-0 berkat Oscar Melendo. Pemain berusia 20 tahun itu membawa Espanyol unggul atas Barcelona saat laga menyisakan kurang lebih dua menit lagi. Skor 1-0 untuk keunggulan Espanyol bertahan hingga wasit Ricardo meniup peluit akhir.

Kemenangan ini menjadi modal yang bagus untuk Espanyol yang akan bertamu ke Camp Nou untuk leg kedua pada Jumat (26/01/18) depan.