BREAKINGNEWS.CO.ID-Harry Kane berbicara setelah kekalahan timnya dari Kroasia di babak semifinal Piala Dunia 2018. Kapten timnas Inggris ini mengaku sangat terpukul dengan kegagalan timnya mencapai babak final. Walau demikian, dia berjanji untuk segera bangkit, demikian juga rekan-rekannya. Mereka harus siap untuk menghadapi Belgia di perebutan peringkat ketiga. Dan, Kane juga bertekad untuk membuat gol pada laga itu.

Misi The Three Lions untuk lolos ke final Piala Dunia 2018 pupus setelah takluk 1-2 dari Kroasia di Stadion Luzhniki, Moskow, Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. Padahal, Inggris unggul lebih dulu pada menit ke-5 lewat gol Kieran Trippier. Namun, keunggulan itu tak mampu dipertahankan pasukan Gareth Southgate. Kroasia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-68 dari gol Ivan Perisic. Kroasia justru berbalik unggul pada menit ke-109 setelah Mario Mandzukic menjebol gawang Jordan Pickford.

Inggris akan memperebutkan peringkat ketiga melawan Belgia, Sabtu (13/7) malam waktu Rusia, atau Minggu (14/7) dini hari WIB di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg.

Harry Kane mengakui kekalahan dari Kroasia terasa sangat menyakitkan. Kendati demikian, dia melihat ada sisi positif yang bisa diambil dari kegagalan ini.

"Ini perjalanan yang luar biasa tapi sangat menyakitkan untuk kalah, ini sangat menyakitkan. Kami ingin melaju dan memenangi ini dan kami pikir kami sudah cukup mampu untuk melangkah tapi ternyata tidak," ujar Kane.

"Pada sebuah pertandingan besar, margin kecil membuat perbedaan dan mereka memiliki peluang pada akhirnya dan dia (Mandzukic) memanfaatkan itu. Kami bermain baik di awal dan waktu tambahan tapi kami kehilangan beberapa peluang untuk mengalahkan mereka. Ada banyak sisi positif yang bisa diambil dari turnamen ini. Ini adalah batu loncatan yang besar dari dua tahun yang lalu," ujar Kane.

"Anda tahu, kami bekerja sangat keras. Para fans sangat luar biasa. Itu adalah pertandingan yang sulit, permainan 50-50. Saya yakin ada hal-hal yang dapat kami lakukan dengan lebih baik, tetapi kami sudah bekerja sekeras mungkin," papar Kane.

“Rasanya sakit, itu akan terasa sakit untuk sementara waktu, tapi kita bisa mengangkat kepala kita tinggi-tinggi. Ini adalah perjalanan yang fantastis, kami melangkah lebih jauh dari yang kami kira, kami harus belajar darinya. Kami menciptakan beberapa peluang bagus," ujar mesin gol Tottenham Hotspur itu.

Kane saat ini masih memimpin daftar top-score dengan enam gol. Dia masih menjadi kandidat utama untuk membawa pulang Sepatu Emas, yang dihadiahkan bagi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia ini. Pesaing terdekatnya adalah Romelu Lukaku. Bomber Belgia itu mengoleksi empat gol.

Jumlah gol Kane menyamai torehan mantan penyerang Inggris yang menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia 1986, Gary Lineker. Jika menjadi top score dengan enam gol maka Kane menyamai torehan beberapa pemain yang menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Dunia dengan jumlah gol yang sama, seperti James Rodriguez (2014), Davor Suker (1998), Hristo Stoichkov dan Oleg Salenko (1994), Salvatore Schillaci (1990), Lineker (1986), Paolo Rossi (1982), dan Mario Kempes (1978).