JAKARTA - Pertandingan kedua piala Dunia 2018 akan mempertandingankan Mesir dengan Uruguay. Keduanya bakal saling hantam di Ekaterinburg Arena, Jumat (15/6/2018). Secara head-to-head, kedua tim baru sekali bertemu dalam laga persahabatan pada Agustus 2006. Uruguay memenangi laga itu dengan skor 2-0.

Ada satu hal yang paling ditunggu dalam pertandingan ini yaitu menanti ledakan Mohammed Salah. Sebab, timnas Mesir belum bisa memastikan ia bisa tampil untuk pertandingan itu atau tidak.

Salah mengalami cedera bahu ketika membela Liverpool dalam kekalahan atas Real Madrid di final Liga Champions pada Mei 2017, usai sebuah insiden dengan Sergio Ramos.

Dia sudah terlihat bersama rekan-rekannya dalam sesi latihan timnas Mesir pada hari Senin (11/6), walaupun belum banyak beraktivitas. Hal itu membuat partisipasinya dalam laga pertama Mesir di Piala Dunia 2018 pun dispekulasikan.

Dokter timnas Mesir, Mohammad Abu Al Ela mengaku bahwa Salah sepertinya tidak akan bermain di laga Mesir vs Uruguay. “Dia (Salah) masih merasa sakit... cedera seperti ini perlu masa penyembuhan tiga pekan sebelum bisa kembali ke lapangan,” tutur Al Ela, sebagaimana diwartakan Channel News Asia.

Mohammed Salah memang menjadi kunci Mesir lolos ke Rusia 2018. Di babak kualifikasi, Mesir menjuarai grup E dengan 13 poin dari enam pertandingan, memasukkan delapan gol dan kebobolan empat. Lima dari delapan gol Mesir di babak kualifikasi dicetak oleh Salah. Wajar saja jika para pecinta Timnas Mesir dan Liverpool menanti ledakan Mohammed Salah

Pelatih Mesir, Hector Cuper, menyatakan bahwa timnya akan bersiap dengan atau tanpa Mohammed Salah. “Kami berharap tidak akan terpengaruh. Kami mencoba untuk menjadi tim yang sama, kami tidak boleh bergantung pada satu pemain,” ujar Cuper kepada Goal pada Jumat (8/6). Kendati demikian, Cuper tetap berharap Salah akan fit sebelum laga melawan Uruguay.

Uruguay Sedang Percaya Diri

La Celeste dapat menurunkan skuat terbaiknya untuk laga melawan Mesir pada Jumat mendatang. Bintang muda Uruguay, Rodrigo Bentancur beserta duet penyerang , Luis Suarez dan Edinson Cavani dalam kondisi bugar menjelang laga tersebut.

Kapten Uruguay, Diego Godin menyatakan bahwa timnya memfokuskan diri untuk melawan Mesir. “Meskipun kami, seperti semua orang Uruguay, punya impian besar, tantangan utama yang kami hadapi adalah memenangkan laga melawan Mesir; ini hal terpenting bagi kami dan yang ada dalam pikiran kami,” ujar Godin dilansir Business Standard, sebelum timnas Uruguay terbang ke Rusia (10/6).