BREAKINGNEWS.CO.ID – Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez angakat bicara mengenai kemungkinan besar bangkitnya Yamaha di seri kedelapan seri MotoGP yang akan berlangsung di sirkuit Assen, Belanda pada akhir pekan ini. Pembalap asal Spanyol ini mengaku akan terus mengamati dan mewaspadai para pembalap dari tim berlogo garputala ini, baik dari tim pabrikan maupun tim satelit.

Sudah hampir lebih dari setahun podium juara MotoGP tak disinggahi pembalap Yamaha. Tercatat, kemenangan terakhir Yamaha dipersembahkan Valentino Rossi pada MotoGP Belanda 2017 di Sirkuit Assen, 25 Juni 2017. Sejak itu, baik Maverick Vinales maupun Rossi tak mampu bertarung untuk memperebutkan podium juara. Berbagai masalah dihadapi salah satu tim asal Jepang ini pada paruh kedua musim lalu dan sepanjang musim ini.

Pencapaian terbaik Yamaha pada musim ini hanya meraih posisi runner up, itupun dipersembahkan oleh pembalap satelit mereka dari Monster Yamaha Tech 3, Johann Zarco di seri ketiga MotoGP yang dihelat di sirkuit Autodromo de Rio Hondo, Argentina pada akhir April lalu. Semtara Rossi hanya mampu merebut empat podium posisi ketiga dalam tujuh seri yang telah berjalan di musim ini. 

Kini, para pembalap Yamaha berharap paceklik kemenangan mereka akan berakhir pada MotoGP Belanda 2018. Marquez pun yakin Yamaha memiliki potensi besar untuk menang. "Sungguh aneh Yamaha belum menang selama hampir satu tahun. Tapi mereka ada di urutan kedua, ketiga, dan keempat kejuaraan. Jadi Anda berada dalam jarak yang cukup baik," ujar Marquez, dikutip Tuttomotoriweb.

Saat ini Marquez tengah memuncaki klasemen MotoGP dengan keunggulan yang signifikan atas para pesaingnya. Dengan Rossi di urutan kedua, The Baby Alien unggul 27 poin. Jarak yang signifikan itu didapat berkat tiga kemenangan yang didapat Marquez.

Khusus untuk Marquez, ia juga memiliki catatan yang cukup bagus di Assen. Setidaknya, ia rutin meraih podium pada MotoGP Belanda, bahkan meraih kemenangan pada musim 2014, termasuk dua kemenangan di kelas Moto2. "Di Assen, peluang menang Yamaha sangat besar, tapi kami akan mencoba untuk mencegahnya. Kami siap bertarung di Assen, tapi ini adalah salah satu trek terbaik untuk M1," keluh Marquez.