JAKARTA - Sejak kecil mereka sudah dikenal sebagai artis cilik. Sejak kecil pula mereka juga sudah ambil bagian dalam dunia hiburan di Tanah Air. Mulai dari penyanyi, pemain film,  model cilik, bahkan hingga memiliki semua talenta tersebut sekaligus.

Pasang surutnya dunia hiburan, khususnya krisisnya lagu anak di Indonesia, terjadi setelah mereka beranjak dewasa. Di era sekarang ini, bisa dikatakan jumlah artis cilik di Indonesia sangatlah kurang. Sehingga, banyak pihak yang menyayangkan fenomena ini, dan kembali mengingat masa kejayan artis cilik zaman dulu.

Hingga saat ini, mungkin belum ada yang bisa menggantikan keberadaan para artis cilik yang sempat terkenal di era 90-an. Kelangkaan lagu anak-anak merupakan bagian dari rendahnya minat dunia bisnis permusikan untuk mengembangkan lagu anak.

Beberapa di antara mereka, tidak berhasil mengikuti kemauan pasar, namun banyak pula yang hingga saat ini, meskipun telah  beranjak dewasa, namun masih tetap berkarya sebagai pelaku seni, bahkan tak jarang dari mereka yang mampu meraih penghargaan di profesi yang mereka geluti masing-masing.

Berikut deretan mantan artis cilik yang masih terus hits di zaman now:

1. Joshua Suherman

Joshua Suherman adalah mantan penyanyi cilik Indonesia. Namanya mulai dikenal setelah ia memulai karier di dunia tarik suara melalui lagu 'Cit Cit Cuit' pada tahun 1996, yang diikuti dengan lagu 'Air', atau  yang biasa dikenal dengan 'Diobok-obok'. Lagu tersebut merupakan karya pencipta lagu anak, Papa T. Bob yang dirilis pada tahun 1999.

2. Agnez Mo

Terlahir dengan nama Agnes Monica Muljoto, kini ia lebih dikenal dengan nama Agnez Mo. Penyanyi berusia 31 tahun ini, memulai kariernya di industri hiburan sejak usia enam tahun, sebagai seorang penyanyi cilik.

Tak tanggung-tanggung,  ia tercatat berhasil merilis tiga album anak-anak, yang berhasil mengantarkan namanya ke deretan penyanyi cilik populer di era 1990-an. Selain bernyanyi, Agnez juga menjadi presenter di beberapa acara televisi anak-anak.

3. Sherina Munaf

Nama Sherina mulai dikenal luas saat ia membintangi film berjudul 'Petualangan Sherina' yang dirilis pada tahun 2001. Setelah film tersebut, ia memulai merintis karier dengan mengeluarkan album pertamanya yang bertajuk 'Andai Aku Besar Nanti', dan kemudian menjadi semakin dikenal lagi, saat ia mendapatkan kesempatan berkolaborasi dengan boyband asal Irlandia, yakni Westlife di awal tahun 2000-an.

Setelah beranjak dewasa, Sherina fokus di dunia tarik suara. Hal ini terbukti saat ia  mengeluarkan album lagu dewasanya berjudul 'Primadona' tahun 2007. Kemudian, Sherina kembali mengeluarkan single untuk mengisi soundtrack film 'Laskar Pelangi' yang berjudul 'Ku Bahagia', dan film 'Ayat-ayat Cinta', dengan lagu yang berjudul 'Jalan Cinta', yang keduanya sama-sama rilis pada tahun 2008.

4. Dea Ananda

Pemilik nama lengkap Nadia Budi Ananda ini sudah menggeluti dunia seni sejak usianya masih dini. Ia telah mengumpulkan 96 trofi melalui berbagai macam perlombaan/festival saat masih kecil. Salah satu yang paling berkesan adalah ketika dirinya mengikuti Festival Bintang Cilik tahun 1993.

Sebab, dari situlah Dea bertemu dengan Alfandy dan Leony, yang kemudian menjadi awal mula terbentuknya grup Trio Kwek Kwek. Sejak saat itu, nama Dea dan dua orang sahabatnya itu mulai dikenal dan digemari oleh masyarakat luas. Trio Kwek Kwek sempat meluncurkan 7 buah album sebelum akhirnya bubar karena saat ketiganya beranjak dewasa.

Wanita berusia 31 tahun tersebut juga pernah mencoba peruntungan dengan memilih bernyanyi solo. Kala itu, Dea meluncurkan beberapa album solo rohani. Hingga pada akhirnya ia memutuskan untuk menikah dengan gitaris grup band Nidji, yakni Ariel, pada tahun 2009.

5. Tina Toon

Gadis yang satu ini sempat terkenal dengan lagu 'Bolo-Bolo' yang rilis pada tahun 1999. Pada masanya, lagu tersebut begitu melegenda. Selain karena lagu tersebut, ia juga terkenal dengan goyangan ngebornya yang mirip seperti milik pedangdut Inul Daratista.

Selain terkenal karena goyang ngebornya, penyanyi yang memiliki nama asli Agustina Hermanto ini, memiliki goyangan lehernya yang khas. Mengawali karir sebagi artis cilik, tahun 2004, Tina menjajal dunia layar lebar dengan membintangi film komedi berjudul 'Tina Toon dan Lenong Bocah'. Film garapan Aditya Gumay ini bercerita tentang seorang gadis kecil miskin yang akhirnya menjadi orang kaya karena menyanyi.

Tina Toon berubah menjadi remaja wanita yang beranjak remaja. Pada tahun 2011, ia tampil modis. Ia juga membentuk girlband bernama Tina With D'Girlz. Girlband ini pun mengeluarkan 2 single, yakni Cinta Pertama, dan Cinta Buta.

Baru-baru ini, Tina juga baru saja menyalurkannya isi hatinya lewat single terbarunya yang berjudul "Takkan Terganti" yang baru saja dirilis beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan bahwa lirik lagu terbarunya adalah ungkapan isi hatinya kepada seseorang yang ia kagumi, namun siapa yang dimaksud, masih menjadi misteri hingga sekarang. Hingga saat ini, ia masih berstatus jomblo.