BREAKINGNEWS.CO.ID - Timnas Indonesia U-23 di Asian Games 2018 berada di Grup A bersama Laos, Hong Kong, Chinese Taipei dan Palestina. Pertandingan perdana Garuda Muda adalah menghadapi Chinese Taipei di pada Minggu (12/8/2018) di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi. Mantan kapten Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman menyebut bahwa bukan Chinese Taipei yang menjadi lawan terbera bagi Hansamu Yama dan kawan-kawan, melainkan Palestina. Menurutnya, Palestina merupakan tim terkuat di Grup A.

"Pesaing terberat kita di Grup A kemungkinan adalah Palestina. Mereka yang terkuat di grup itu," kata Ponaryo saat ditemui Breakingnews.co.id, Kamis (9/8). Meskipun demikian, Ponaryo optimistis Garuda Muda yang dilatih Luis Milla bisa mengalahkan lawan-lawannya untuk bisa lolos dari fase grup. "Tim harus fokus dan percaya diri bahwa kita bisa bersaing. Saya optimistis timnas U-23 Indonesia lolos dari grup," ucap Ponaryo.

Ponaryo menambahkan, Timnas Indonesia harus bisa memaksimalkan dukungan dari suporter yang kemungkinan bakal memadati stadion dan jutaan lainnta di seluru Indonesia. "Mudah-mudahan dukungan itu bisa memberikan kekuatan tambahan untuk timnas U-23 dan membuat mereka dapat meraih hasil terbaik di Asian Games," bebernya.

Palestina Berpengalaman

Timnas U-23 Palestina merupakan satu-satunya tim yang berlaga di Piala U-23 Asia AFC 2018. Di turnamen tersebut mereka melaju sampai ke perempat final sebelum ditaklukkan Qatar. Selain itu, beberapa pemain timnas U-23 Palestina juga berlaga di liga Eropa seperti gelandang Mohamed Darwis yang bermain di klub Jerman Arminia Hannover dan Michel Termanini yang berlaga untuk klub Swedia, AFC Eskilstuna.

Di level Asian Games, timnas U-23 Palestina termasuk tim berpengalaman dengan selalu tampil sejak edisi 2002, Asian Games pertama dengan aturan U-23 untuk sepak bola putra, hingga 2014 dengan torehan terbaik melaju ke babak perdelapan final di Asian Games 2014. Untuk Asian Games 2018 ini, Palestina tak main-main. Karena, pelatih Ayman Sandaouq memanggil pemain bek sekaligus kapten timnas senior Abdallatif Albahdari, termasuk gelandang Sameh Maraaba dan kiper Rami Hamada.