JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar meminta kepada para pemudik untuk tidak membuang sampah sembarangan di jalan tol. Karena, dari inspeksi mendadak (sidak) di Jalan Tol Cikampek yang dikerjakannya hari ini, ada banyak ditemukan sampah berantakan di sepanjang jalan tol. "Para pemudik saya lihat sampah masih banyak. Tolong dijaga betul sampahnya jangan dibuang sembarangan," kata Siti di Tol Cikampek, Rabu (13/6/2018).

Siti memahami kondisi pemudik yang terjebak macet pada arus mudik hari ini. Tetapi, hal tersebut tak lantas membenarkan para pemudik untuk membuang sampah sembarang. "Saya memahami adanya kemacetan. Tapi jangan buang sampah sembarangan," ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta para pemudik untuk tidak mengulang tindakan tak bertanggung jawab itu. Lalu dia juga meminta saat arus balik nanti, pemudik untuk mengurangi membawa kemasan-kemasan yang sekali pakai. "Saya minta tolong waktu arus kembali ke Jakarta, tolong dijaga betul sampahnya jangan dibuang sembarangan. Untuk bekal pulang mudik, tolong dibantu dengan mengurangi kemasan-kemasan sekali pakai. Harus pakai yang kemasan bisa dipakai ulang," tutur Siti.

Sebelumnya, Menteri Siti melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah rest area di Tol Jakarta-Cikampek. Dalam sidak itu, Siti mendapatkan banyak sampah yang berantakan di sepanjang jalan tol. Sampah-sampah itu berasal dari pemudik yang lewat Jalan Tol Cikampek. Terlebih, dari para pemudik yang berhenti di bahu jalan tol karena kepadatan arus mudik di Jalan Tol Cikampek.

Sampah juga tampak berantakan di pinggir jalan mulai dari KM 8 sampai KM 39. Sampah-sampah itu didominasi oleh sampah plastik atau kemasan. "Sampahnya di sebelah kiri tepi jalan, banyak banget. Dan rata-rata sampahnya adalah jenis kemasan plastik. Dan kertas-kertas bekas nasi bungkus," kata Siti, di Tol Cikampek, siang tadi.