BREAKINGNEWS.CO.ID - Setiap tanaman herbal memiliki banyak manfaat. Seperti halnya mengonsumsi jahe juga baik digunakan sebagai obat. Jenis bumbu dapur ini juga terkenal dipakai untuk masakan. Di balik wangi dan rasanya, jahe mempunyai khasiat lain bagi kesehatan.

Dilansir melalui Health.com, akar jahe bahkan disebut sebagai obat mujarab yang dipakai para praktisi kedokteran BArat dan ahli kesehatan di dunia. Jahe mengandung nutrisi cukup padat. Dalam satu cangkir penuh jahe segar cincang mengandung sekitar 80 kalori, 18 gram karbohidrat, dan 2 gram serat, serta protein. Satu sendok makan jahe juga bisa menambah sekitar 5 kalori.

Seorang Instruktur Yoga bersertifikat Keri Gans mengatakan, jahe digunakan dalam jumlah kecil. "Kalori yang dikandungnya sangat rendah, begitu pula karbohidrat dan gula," kata Gans yang juga pemilik dari Keri Gans Nutrition.

Setiap satu gigitan jahe juga mengandung vitamin dan mineral, seperti zat besi, vitamin C, kalium, magnesium, dan seng. Jahe juga bermanfaat meski diolah dengan beragam cara. Entah dalam keadaan segar, kering, bubuk, kupas, atau sebagai minyak, keripik, bahkan jus. Jahe juga dikenal bisa memberikan banyak manfaat. Berikut beberapa ulasannya.

Sering mendapat nasihat makan permen jahe agar tak mabuk di perjalanan? Saran tersebut bukan sekadar omongan biasa. Jahe memang bisa membantu menenangkan perut yang sakit.

Jahe juga bisa mengatasi permasalahan kembung dan sembelit berkat enzim pencernaan bernama Zingibain yang membantu tubuh memecah protein. Senyawa tersebut berpotensi membantu makanan yang dikonsumsi melewati sistem pencernaan lebih mudah sehingga mengurangi rasa kembung, gas, atau sembelit.

Ketika perut terasa seperti 'ikan buntal', sebaiknya konsumsi secangkir jahe panas. Seduh beberapa irisan jahe dalam secangkir air panas, dan diamkan selama lima sampai 10 menit. Minumlah perlahan.

Penelitian di Thailand menemukan bahwa manfaat jahe berguna untuk menjaga kestabilan tekanan darah. Terutama bagi mereka yang sedang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Manfaat jahe ternyata mendukung kesehatan tulang. Sebab sebuah penelitian baru-baru ini membuktikan bahwa ekstrak jahe efektif untuk mengobati penyakit osteoarthritis.