BREAKINGNEWS.CO.ID – Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi memnberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Lalu Mohammad Zohri, atlet Indonesia yang sukses mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional. Zohri mampu menjadi yang tercepat pada nomor sprin 100 meter putra pada kejuaraan dunia U20 di Firlandia, pada Kamis (12/7/2018). Untuk itu, sebagai bentuk apresiasi, Menpora pun akan memberikan bonus fantastis kepada pelari muda asal NTB tersebut.

Zohri yang tampil sebagai non unggulan berhasil membuat kejuatan din nomor 100 meter putra usai dirinya keluar sebagai yang tercepat pada babak final dengan torehan waktu 10,18 detik. Dia mengalahkan dua pelari asal Amerika Serikat, Anthony Schwartz (10,22) and Eric Harrison (10,22). Sementara urutan ketiga ditempati oleh pelari Afirka Selatan, Thembo Monareng dengan 10,23 detik.

Asosiasi Internasional Federasi Atletik (IAAF) mencatatkan, dalam 32 tahun sejarah kejuaraan tersebut, penampilan terbaik atlet Indonesia adalah finish di posisi ke-8 pada 1986. Itu berarti gelar juara yang diraih Zohri ini merupakaan gelar juara pertama bagi Indonesia di ajang tersebut. Tentu hasil yang raih Zohri ini sangat membanggakan seluruh masyarat Indonesia.

Oleh sebab itu, sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian impresif yang telah ditorehkan Zohri ini, pemerintah lewat Kementrian Pemuda Olahraga akan meberikan bonus minimal Rp 250 juta kepadanya. Hal tersebut dibeberkan langsung oleh Menpora, Imam Nahrawi dalam sesi konfrensi press bersama media di media center Kemenpora, Jakarta, Jumat (13/7/2018).

“Tentu kita sangat bersyukur, berbangga dan berbahagia sekali melihat Mohammad Zohri menjadi yang tercepat di dunia, yakni pada kategori paling bergengsi nomor 100 m atletik pada usai di bawah 20 tahun. Tentu ini kabar yang sangat mengembirakan dan melegakan kita, sekaligus menjadi perekat bagi seluruh anak bangsa yang telah bersatu padu memberikan dukungan dan doa sekaligus partisipasi yang luar biasa kepadanya sehingga dia mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah Internasional,” ungkapnya.

“Untuk mengapresiasi pencapaiannya tersebut, kami dari pemerintah sebelumnya meminta banyak terima kasih pada Zohri yang sudah mengibarkan sang sangka Merah Putih pada podium tertinggi di Firlandia. Sebagaimana yang telah kita lakukan sebelumnya pada atlet berprestasi kami, tentunya kami sudah menyiapkan bonus berupa uang tunai minimal Rp 250 juta sebagai bentuk apresiasi atas torehan gemilang yang telah diukirnya di kejuaraan Dunia,” katanya.

Selain itu Menpora berharap dengan ada bentuk apresiasi dari pemerintah ini dapat memotivasi Zohri untuk terus mempertahaankan dan mengembangkan bakat yang telah dimilikinya saat ini, agar dapat kembali memberikan torehan positif bagi Indonesia, terutama pada ajang Asian Games yang akan dihelat pada 18 Agustus hingga 2 Septermber mendatang di Jakarta dan Pelembang ini.

“Semoga dengan bentuk apresiasi ini dapat memotivasi Zohri untuk terus menorehkan prestasi-prestasi gemilang di ajang internsional lain, terkhususnya pada ajang Asian Games 2018 yang di mana besar harapan seluruh masyarakat Indonesia untuk kembali melihatnya tampil sebagai yang tercepat dan mampu mempersembahkan medali emas bagi negeri tercinta ini,” harapnya.

“Untuk itu, pesan saya, teruslah berlatih meningkatkan kemampuan yang sudah ada, mengingat di Asian Games nanti, Zohri akan berhadapan dengan lawan-lawan yang telah memiliki pengalaman lebih dan berusia di atas 20 tahun. Namun hal tersebut bukanlah penghalang untuk terus berprestasi, apalagi di rumah sendiri,” tandasnya.