JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengadakan rapat pertemuan bersama Ketua INASGOC Erick Tohir, CdM Asian Games 2018 Wakapolri Komisaris Jendral (Pol) Syafruddin, dan Waketum KONI Pusat Soewarno di Wisma Menpora, kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (12/1/2018). Adapun pertemuan tersebut membahas mengenai peningkatan prestasi persiapan perhelatan Asian Games Jakarta-Palembang.

Dalam rapat tersebut Menpora menyampaikan, jika hingga hari ini sudah ada 21 cabang olahraga (cabor) yang telah melakukan penandatangan nota kesepahaman (MoU) untuk mendapatkan anggaran. Sementara bagi cabor yang belum melakukan MoU, Menpora menyarankan untuk segera menyelesaikan penandatangan tersebut agar dapat secepatnya mencairakan anggarannya.

"Alhamdulilah, saya hari ini bisa bertemu dengan bapak-ibu semua selaku pengurus cabang olahraga. Perlu saya sampaikan hingga tadi pagi, saya sudah menandatangani Surat Keputusan (SK) siapa saja cabor yang telah melakukan MoU dengan Kemenpora, dan Alhamdulilah sampai pagi ini sudah ada 21 cabang olahraga yang MoU. Sisanya saya ingin secepatnya untuk segera melakukan MoU, karena ini sangat membantu proses percepatan program yang ada di masing-masing cabang olahraga," kata Menpora.

"Tidak ada pilihan lain, mari kita bersama-sama menjunjung martabat bangsa ini dengan prestasi. Presiden dan Wapres telah memerintahkan yakni model pencairan anggaran telah diubah semoga yang sudah MoU, saya harapkan tanggal 15 Januari nanti sudah cair, khususnya untuk honor atlet dan pelatih. SK ini berlaku untuk promosi dan degradasi. Dana 735 miliar harus didistrubiskan dengan baik, dan masih ada space untuk number of event, pelatih asing, pengawasan KONI, dan Cdm. Atlet adalah inspirator untuk bangsa yang akan membawa nama baik bangsa dan negara sebagai bagian sukses prestasi sukses penyelenggaraan," tegas Menpora.

Cdm  Syafruddin mengajak kepada semua cabang olahraga untuk membangkitkan semangat dan mengharumkan nama bangsa Indonesia agar sukses di Asian Games. "Pada tahun 1962, nama Indonesia dikenal dunia dengan bisa menyelenggarakan Asian Games. Saya mengajak cabor, atlet, pelatih, ofisial, stake holder, KONI, KOI, Menpora untuk bersatu menjaga soliditas dan seluruh elemen bangsa untuk mengukir sejarah di zaman milenia ini," kata Syafruddin.

Sementara Ketua INASGOC Erick Thohir menyampaikan agar cabang olahraga ikut mendukung kerja sama dan keharmonisan untuk mensukseskan Asian Games nanti. "Saya mengingatkan Asian Games tinggal delapan  bulan lagi, kepada semua cabang olahraga saya minta untuk mendukung kerja sama dan keharmonisan suksesnya acara ini. Salah satu yang menjadi perhatian kami adalah dukungan cabor untuk meningkatkan peserta dari nagara lain dalam mengikuti test event," kata Erick.