JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendukung penuh kegiatan ajang pemecahan rekor dunia Senam Poco-Poco Nusantara yang akan dilaksanankan di Jakarta. Politikus PKB asal Madura ini berpendapat bahwa kegiatan ini akan membawa pengaruh besar terhadap pelastarian budaya lokal Bangsa Indonesia sekaligus ajang pemanasan Asian Games 2018 agar mengema di seluruh pelosok manca negara.

Pemecahan rekor dunia bertajuk "The Largest Poco-Poco Dance" yang akan dicatat oleh Guinnes World Records ini, merupakan perpaduan olahraga dan seni sebagai produk asli budaya bangsa dengan 65.000 peserta. Pemecahan rekor ini akan memakai area sepanjang jalan protokol dari Istana Negara hingga Gelora Bung Karno, diadakan pada 5 Agustus 2018, 13 hari jelang pembukaan Asian Games 2018.

"Ini sebuah acara spektakuler dan upaya besar sebagai Pra-Asian Games sekaligus melestarikan budaya bangsa dan mengangkat harkat martabat Indonesia di pentas dunia. Sebelum seluruh Asia dan dunia demam Asian Games, kita harus mendemamkan lebih dahulu sebagai pertanda bahwa Indonesia telah siap lahir batin untuk menjadi tuan rumah yang baik," kata Menpora dalam jumpa pers usai menghadiri rapat koordinasi persiapan pemecahan rekor dunia Senam Poco-Poco Nusantara, di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta Pusat, Jum'at (4/5/2018) sore.

Selanjutnya sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo dalam Ratas Asian Games kepada seluruh Kementerian/Lembaga, TNI-Polri dan seluruh lapisan masyarakat untuk terus mensosialisasikan dan menggemakan secara masif gawe besar ini.

"Terima kasih kepada seluruh K/L, TNI-Polri, dan seluruh masyarakat, Asian Games adalah gawe kita bersama, oleh karena itu selain menggaungkan Poco-Poco sebagai olahraga budaya Indonesia, ajang ini juga menjadi pertama dan terbesar dalam rekor dunia yang juga untuk mempromosikan Asian Games kurang 104 hari lagi. Kalau bisa dalam foto-foto profil medsosnya diisi dengan logo Asian Games, mari kita gelorakan terus Asian Games dan nanti berlanjut ke Asian Para Games," ajak Menpora.

Hadir, Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, Stafsus Bidang Kepemudaan Anggia Ermarini, Stafsus Bidang Komunikasi dan Kemitraan Zainul Munasichin, Sesdep Pembudayaan Olahraga Samsudin, Asdep Pengelolaan Olahraga Rekreasi Teguh Raharjo, Wakil Ketua Panitia Pemecahan Rekor Dunia Poco-Poco Nusantara Hermawan Kertajaya.