JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menargetkan kontingen Indonesia masuk dalam 10 besar pada Asian Games 2018. Untuk itu para atlet diharapkan paling sedikit meraih 15-20 medali emas. Menyadari hal tersebut berat, Kemenpora akan segera mengumumkan cabang dan nomor olahraga yang paling berpotensi mendulang emas di pesta olahraga terakbar di Asia itu.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan jika sampai saat ini pemerintah terus menggenjot persiapan para atlet. Ia berencana untuk segera mempercepat seluruh proses fasilitas dan kebutuhan para atlet, pelatih, manajer cabor di pelatnas. Menurutnya semua itu harus segera dilakukan jika ingin mewujudkan target yang sudah dipasang.

"Pelatnas sudah berjalan, atlet, pelatih, sedang menyiapkan try out, training camp, mengikuti pertandingan-pertandingan. Maka target 10 besar kami harapkan bisa (terwujud)," kata Imam usai melakukan rapat koordinasi dengan 40 cabang olahraga, KONI, dan KOI, di Wisma Kemenpora, Jumat (12/1/2018).

"Tetapi dari cabor mana, nomor even  mana, paling cepat bulan Juni akan kami sampaikan agar tidak menjadi beban psikologis bagi atlet karena bicara persiapan atlet ada beberapa non teknis yang harus juga didukung seperti psikologis, kesehatan, cedera, dan sebagainya," jelasnya. "Tetapi ini menjadi komitmen kita semua para pahlawan memberikan yang terbaik untuk Merah Putih," ujar politisi dari partai PKB itu.