BREAKINGNEWS.CO.ID - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), diminta oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, untuk menyelesaikan pembangunan Sikuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) tepat waktu atau sesuai jadwal.

Pemegang hak komersial MotoGP, Dorna Sports SL, dan ITDC sepakat menjadikan sirkuit baru di Mandalika sebagai arena MotoGP Indonesia 2021. Kepada pada wartawan di kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora RI) di Jakarta, Selasa (5/11/2019), Zainudin Amali meminta ITDC melanjutkan progres pembangunan Sirkuit Mandalika agar selesai tepat waktu.

Dia memberikan keterangan usai melakukan pertemuan tertutup dengan Presiden Direktur ITDC, Abdulbar M Mansoer, dan Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat, Sadikin Aksa. "Kemenpora ingin menanyakan kesiapan penyelenggaraan MotoGP di Sirkuit Mandalika. Kita tidak mau main-main lalu ternyata tidak sanggup karena ini menyangkut nama baik sebagai tuan rumah," kata Zainudin.

"Kedatangan ITDC dan juga Ikatan Motor Indonesia (IMI) ini untuk meyakinkan bahwa kegiatan ini bisa berjalan, mumpung waktunya masih panjang," tutur dia melanjutkan. Seusai pertemuan dengan Abdulbar dan Sadikin, Zainudin menilai persiapan membangun Sirkuit Mandalika menunjukkan progres sesuai harapan.

"Dari penjelasan yang diberikan, persiapan masih sesuai perencanaan dan jadwal yang dijanjikan dari awal," ucap Zainudin. Di sisi lain, dia mewanti-wanti semua pihak untuk segera melapor seandainya tidak sanggup melanjutkan pembangunan.

"Kami dari Kemenpora berpesan kalau memang tidak sanggup segera bilang karena ini menyangkut nama Indonesia," kata politisi Partai Golongan Karya itu. Abdulbar M Mansoer mengatakan bahwa proses pembangunan sudah dimulai sejak September 2019 setelah penandatanganan lisensi pada awal tahun.

"Sekarang yang terjadi di lapangan adalah penggalian badan jalan. Januari nanti kami akan mulai membangun aspal dan diharapkan bisa selesai dalam satu tahun," ucap Abdulbar.

Jika sudah resmi beroperasi, Sirkuit Mandalika akan menjadi sirkuit ketiga di Asia Tenggara yang menyelenggarakan MotoGP. Dua sirkuit lain adalah Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia dan Sirkuit Internasional Chang di Thailand.