BREAKINGNEWS.CO.ID - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Imam Nahrawi, secara resmi membuka Kejuaraan Nasional Lembaga Karate-do Indonesia (Kejurnas Lemkari) Piala Menpora 2019, yang akan digelar di Gedung POPKI Cibubur, Jakarta Timur, Jumat (6/9/2019).

"Ini merupakan hal yang sangat positif bagi Lemkari dan tentu seluruh perguruan karate serta bagi Forki guna terus mencari bibit-bibit unggul kita. Karena pada ajang Asian Games 2018 lalu, karate mempersembahkan satu medali emas bagi kontingen Indonesia. Tentunya prestasi ini harus terus dilanjutkan dan ini merupakan suasana yang baik sekali untuk memupuk semangat, sekaligus cita-cita para atlet untuk menjadi juara dunia karate pada waktunya," kata Menpora, Imam Nahrawi.

Lebih lanjut, Imam berharap secara organisasi Lemkari yang diketuai oleh Yuddy Chrisnandi tetap solid, kuat, bersatu sehingga ke depan lebih banyak lagi karateka kita yang terus mengharumkan nama baik keluarga, dan tentunya Tanah Air yang kita cintai. Terkait sabuk hitam yang disematkan kepada Menpora Imam Nahrawi, beliau mengatakan "tentu seperti yang sudah saya ucapkan tadi, saya sesungguhnya sangat terbebani dengan sabuk hitam ini, yang mungkin masih banyak tokoh-tokoh lain yang lebih pantas menerima kehormatan sabuk hitam ini. Akan tetapi, dikarenakan ini merupakan amanah untuk saya, tentu saja saya harus menjaganya dengan baik, dan semoga bisa menularkan semangat karate bagi seluruh pemuda maupun anak-anak di Tanah Air kita."

Sementara itu, Sekretaris Umum Lemkari, Angel Ibrahim, menyampaikan kegiatan nasional Lemkari 2019 ini banyak sekali rangkaiannya, antara lain, Rakernas (rapat kerja nasional) di mana rakernas tersebut menjadi agenda rutin dari ssebuah organisasi yang harus dilaksanakan setiap tahunnya. Yang kedua pelatihan untuk para pelatih, di mana pelatihan untuk pelatih ini sangat penting sekali dan kami juga mendatangkan karateka profesional dari Malaysia, yang juga pernah menjadi ketua dewan wasit di Federasi Karatedo Asia (AKF), pernah menjadi anggota dewan wasit Federasi Karate Dunia (WKF), sudah empat kali menjadi Technical Delegate (TD) Asian Games, sehingga beliau sangat Capable (mampu) di bidangnya, bersyukur Lemkari kedatangan beliau sehingga dapat menambah wawasan para pelatih, atlet-atlet karate serta para wasit juri kita. Kemudian kita juga mengadakan pelatihan SIMARI (Sistem Informasi Lemkari) yang berbasis 4.0.

Pada waktu yang sama, Ketua Harian Lemkari, Ikhlas Bahar, menyampaikan total atlet yang mengikuti Kejurnas Lemkari 2019 Piala Menpora mencapai 1200 atlet, akan tetapi atlet yang sudah memastikan diri untuk bertandiing mencapai 700 karateka dan kita akan melaksanakan sebanyak 69 kelas untuk individu, dan kemudian beregu ada 10.

Sebagai penutup, Angel Ibrahim menuturkan dirinya sangat berharap nantinya akan tumbuh karateka-karateka terbaik terbaik kami yang nantinya akan kami kirim ke Kejuaraan Piala Panglima pada pekan depan. Semoga dengan adanya Kejurnas Lemkari ini menambah motivasi karateka untuk memberikan yang terbaik serta lahir bibit-bibit baru yang khusus akan dipersiapkan untuk mengikuti Asian Games 2022. Mudah-mudahan pada ajang Asian Games 2022, medali emas datang dari atlet terbaik Lemkari.